oleh

Mudik Lebaran 2023, Kapolda Jambi: Kedepankan Faktor Keselamatan Dalam Berkendara

JAMBI – Momentum perayaan Hari Raya Idul Fitri merupakan moment tahunan yang biasa digunakan masyarakat untuk melakukan Mudik ke kampung halaman untuk merayakannya.

Pada saat, H-1 Hari Raya Idul Fitri 1444 H Kepala Kepolisian Daerah Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono turut menghimbau kepada masyarakat khususnya yang melakukan Mudik (Berpergian) pulang kampung, baik antar Kota/Kabupaten yang asa di Provinsi Jambi maupun luar Provinsi Jambi agar benar-benar mempersiapkan dengan baik.

” Sebelum meninggalkan rumah, harus benar-benar di cek, baik itu listrik, kompor, mengunci rumah atau peralatan elektronik lainnya agar segera dimatikan sebelum berangkat, apalagi yang berpotensi terjadinya korsleting listrik, ” ujarnya, Kamis (20/4/23).

Jika perlu sebelum berangkat terlebih dahulu melapor kepada RT, atau aparat keamanan seperti polsek setempat bahwa meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

” Dari laporan tersebut nantinya akan ada polisi di lingkungan RW dan Bhabinkamtibmas yang akan berkoordinasi ke pihak RT atau RW. Polisi akan berpatroli ke rumah yang kosong ditinggal pemudik,” kata Irjen Pol Rusdi Hartono.

Selanjutnya, Irjen Pol Rusdi Hartono juga menyebutkan dalam melakukan perjalanan, kondisi badan harus dalam keadaan fit, apalagi dengan membawa kendaraan sendiri membawa keluarga untuk mudik.

” Kesehatan sangat penting, serta kendaraannya juga harus di cek, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan ke kampung halaman, ” lanjutnya.

Jangan memaksakan diri jika mengantuk pada saat membawa kendaraan, segera mencari tempat istirahat ataupun rest area untuk beristirahat.

” Untuk di Provinsi Jambi sendiri, sebanyak 31 pos pengamanan, 15 pos pelayanan, dan 3 pos terpadu di beberapa titik lokasi di wilayah Provinsi Jambi yang sudah didirikan dan bisa digunakan para pemudik untuk beristirahat, ” sambungnya.

Baca Juga  Tampung Aspirasi Warga, AMPERA Minta Plt Bupati Gelar Open House di Pendopo

Lebih lanjut, Jenderal Bintang Dua tersebut juga mengingatkan kepada para pemudik untuk selalu mengedepankan keselamatan dalam berkendara, yang mana keinginan cepat sampai ke kampung halaman membuat kita melaju dengan kecepatan tinggi yang berakibat fatal.

” Tetap ikuti peraturan lalu lintas, utamakan keselamatan dalam berkendara serta memperhatikan kondisi kendaraan, ” pungkas Kapolda. (RedG /Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar