oleh

MoU Perumda Tirta Mulia Pemalang dengan KPH Banyumas Timur, Titik Terang Penyediaan Air Bersih di Pemalang Selatan

Pemalang – Dalam upaya penyediaan air baku untuk layanan Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, melakukan penandatanganan Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding /MoU) antara Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dengan KPH Banyumas Timur tentang rencana pemanfaatan air dari mata air lember /lembeyan petak 581 karanggandul BKPH gunung Slamet barat KPH Banyumas Timur.

MoU yang ditandatangani oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang Slamet Efendi dengan Administratur Perum Perhutani/KKPH Banyumas Timur Cecep Hermawan disaksikan oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo di Aula Kantor Perumda Tirta Mulia Pemalang, Kamis (19/8).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menegaskan Perumda Tirta Mulia Pemalang tidak hanya dituntut dalam hal pemenuhan kebutuhan air bersih saja, namun juga tugas lain yang berkaitan dengan pengelolaan air bersih.

“Selaras dengan tugas dan fungsi tersebut, Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk KPH Banyumas Timur untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kecamatan Pulosari dan Kecamatan Belik, yang merupakan daerah rawan kekeringan, terutama pada musim kemarau. Saya sungguh berharap, dengan adanya kerja sama pembangunan jaringan air baku yang berada di Desa Kalipagu Kecamatan Baturraden, dapat mengatasi masalah kekeringan yang terjadi setiap tahun di Kecamatan Pulosari dan Belik.” jelas bupati.

Lebih lanjut bupati mengatakan, Dengan adanya penandatanganan MoU ini, diharapkan potensi akan terjadinya masalah hukum dapat di antisipasi maupun di tekan seminimal mungkin. Kerja sama ini juga dilakukan atas dasar kepentingan umum, mengingat Perumda Air Minum Tirta Mulia merupakan perusahaan daerah yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih.

Baca Juga  Polres Wonogiri Bekuk Pelajar Pengedar Pil Koplo

Tentunya ada harapan besar dengan ditandatanganinya nita kesepahaman ini, dimana Perumda Tirta Mulia mampu meningkatkan Besar harapan kami, MoU ini dapat meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan daerah maupun wilayah sekitarnya.

“Saya juga berharap, semoga kerjasama ini terus berkelanjutan sebagai wujud pengabdian dalam melayani dan meningkatkan taraf derajat kesehatan masyarakat.” harap bupati.

Administratur Perum Perhutani/KKPH Banyumas Timur Cecep Hermawan menyambut baik penandatanganan MoU ini. Dengan adanya kesepakatan ini, potensi air yang melimpah di gunung Slamet dapat dimanfaatkan secara optimal. Tentunya dalam pemanfaatan air yang ada juga menjaga hutan lindung yang ada di Gunung Slamet.

Cecep juga berpesan agar bersama-sama menjaga hutan di kawasan Gunung Slamet.

Hal senada dengan bupati Pemalang, direktur utama Perumda Tirta Mulia Pemalang Slamet Efendi mengemukakan dengan adanya MoU inu merupakan titik terang dati perjuangan panjang untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat Pulosari dan Belik.

Dia berharap di tahun 2022, sudah mulai dikerjakan proyek tersebut. (RedG)

  • Penulis : Sarwo Edy
  • Editor : Sarwo Edy

 

Komentar

Tinggalkan Komentar