oleh

Meriahnya Kirab Budaya Mapanji Cempalo

Pekalongan – Dalam rangka memperingati HUT ke – 73 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke – 396 Kab. Pekalongan,sabtu siang dengan titik star di halaman kecamatan kesesi menuju halaman pendopo kab pekalongan telah berlangsung kirab budaya Mapanji Cempalo yang di ikuti kurang lebih 1500 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kab. Pekalongan H. Asip Kholbihi, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha,Kapolres Pekalongan AKBP Wawn Kurniawan, Ir. Arini Hari Murti (Wakil Bupati Kab. Pekalongan), Hj. Hindun ( Ketua DPRD kab Pekalongan ), Dra. Mukaromah Syakoer (Sekda Kab Pekalongan), Para Ketua Komisi dan Anggota DPRD Kab. Pekalongan, Kepala OPD Kab. Pekalongan, perwakilan dari Toga, Tomas, Tokoh Pemuda dan Ormas kec. Kesesi, Muspika kec. Kesesi serta peserta Kirab Karnaval.

Pelaksanaan kirab budaya mulai start pukul 15.10 wib dengan route Pendopo kecamatan Kesesi dengan finish di halaman Pendopo rumah dinas Bupati Pekalongan. Adapun peserta kirab Karnaval di ikuti 15 kereta kencana dan 37 andong yang sudah dipercantik dengan hiasan-hiasan.

Mengawali kegiatan tersebut, dalam sambutannya Bupati Pekalongan Asip Kholbihi Menjelaskan tentang, pusaka Mapanji Cempalo. Menurutnya, keris atau pusaka Mapanji Cempalo merupakan pusaka yang ampuh pada waktu itu , dan insya Allah akan membawa kita keberkahan.

” Saya akan ubah budaya, kita wujudkan budaya yg maju , karena beliau yaitu Cempalo dulunya berada di Kesesi, Kirab budaya yang pertama kali ini dengan tema Mapanji Cempalo,”jelas bupati.

Sementara itu Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha, dalam kesempatan tersebut mengaku sangat terkesan dan kagum akan budaya lokal yang ada di pekalongan.

” Kegiatan Ini sangat mengesankan, dan bagus sekali, karena muatan budaya lokalnya sangat kental sekali,antusias masyarakat juga sangat luar biasa,”ujarnya.(RedG kontributor rusg99)

Komentar

Tinggalkan Komentar