Pemalang – Bertepatan dengan libur 1 Muharram 1340 H atau pada penanggalan Jawa Selasa Wage 1 Sura 1952, dilaksanakan baritan atau dikenal nlula sedekah laut di Desa Asemdoyong, Selasa (11/9/2018) sebagai ungkapan rasa syukur dan pengharapan akan hasil tangkapan yang lebih baik pada tahun mendatang.

 

Acara dimulai pukul 07.30 sampai 08.00 wib dengan kirab ambeng laut diiringi drumband angklung dari Purbalingga, rebana/kencer, kuda lumping dengan rute TPI KUD Mina Miyoso Makmur Asemdoyong-berkeliling disekitar Desa Asemdoyong dan berakhir di TPI KUD Mina Miyoso Makmur.

Upacara ritual sendiri dilaksanakan pada pukul 09.00 – 11.00 WIB dan dihadiri oleh Forkompopida Kabupaten Pemalang dan pejabat terkait.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kadis Perikanan Pemalang, Muntohit, S.Pi, MM, Bupati Pemalang, H. Junaedi mengatakan bahwa sedekah laut yang dilaksanakan setiap satu tahun di Asemdoyong merupakan acara dalam rangka wujud mensyukuri nikmat dan rezeki yang diberikan Allah kepada para nelayan dengan bersama mengiring ambeng yang berisi kepala kerbau dan lain -lain sebagai upaya memberi makan ikan di lautan.

“Dan bukan unsur perbuatan sirik.” tegasnya.

Sekitar pukul 11.00 WIB dimulailah larung ambeng sesaji diikuti oleh iring-iringan 250 unit kapal Cantrang, Garok, Gemplo dalam rangka melarung ancak sesaji pengangkut kepala kerbau, ayam dan lain-lain ke lautan dengan jarak sekitar 3 mil dari garis pantai Asemdoyong.

Lebih dari 200 personel Polres Pemalang, Polda Jateng diterjunkan untuk mengamankan prosesi Sedekah Laut tahun 2018.

Kabag Ops Polres Pemalang, Kompol Alkaf Chaniago, SH, MH memimpin pengamanan acara yang dipadati ribuan warga Pemalang dari berbagai penjuru itu.

Dalam sambutannya mewakili Kapolres, AKBP Agus Setyawan HP, SH, SIK, Kompol Alkaf menghimbau agar dalam acara larung ambeng ke laut kapasitas kapal mengangkut penumpang/pengunjung dibatasi.

“Kapal Besar maksimal 20 orang, kapal Kecil maksimal 10 Orang,” tegasnya.

Hal tersebut, menurutnya sebagai bentuk antisipasi kejadian pengalaman pada satu tahun yang lalu terjadi kapal tenggelam di acara sedekah laut Asemdoyong.(RedG kontributor Lies)

Tinggalkan Komentar