oleh

Merayakan Hatedu di Tengah Pandemi, Teater Tiga Koma UMK Gelar Podcast

Kudus– Perayaan Hari Teater Dunia (Hatedu) pada tahun ini memang ada yang berbeda. Salah satunya, Teater Tiga Koma Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar perayaan Hatedu dengan podcast yang bertajuk Pandemi Teater Pandemi, Belajar Membaca Tanda.

Kegiatan podcast yang dilakukan oleh Teater Tiga Koma tersebut disiarkan secara langsung melalui platfrom media sosial instagram, Minggu (28/3/2021) sore.

Podcast kali ini menghadirkan dua narasumber yakni Dhani Azzara selaku Pemerhati Seni Teater dan Siwi Agustina Penulis, Pegiat Seni Teater Minatani.

Dhani Azzara mengatakan, memberikan energi positif bagi warga Teater Tigakoma, untuk mengexplore diri sendiri dengan belajar membaca tanda pada naskah, dan situasi di era pandemi.

“Jika tidak ada siasat untuk membaca tanda pada naskah dengan sesuai gagasan kita sendiri, maka pementasan akan seragam. Karena pada dasarnya gagasan lah yang membedakan warna pertunjukan pada sebuah pagelaran teater,” ujar Dhanni Azzara saat berbincang di Podcast.

Selain itu, Pegiat Teater Minatani, Siwi Agustina menuturkan, dirinya akan memberikan dukungan penuh kepada pelaku seni agar tetap berkarya di tengah pandemi.

“Sebetulnya balik lagi ke pola fikir dan nalar kita. Jika situasi ini dijadikan untuk berhenti berproses, maka yasudah. Nah, pada kenyataannya kan ada cara yang lain untuk menghadapi situasi yang seperti ini, mungkin harus adaptasi,” ungkap Siwi.

Sementara itu, Koordinator Seksi Podcast Teater Tiga Koma, Budur Nazilir Rohman menerangkan, merayakan Hatedu melalui podcast yang diharapkan agar menjadi langkah tetap berkarya di tengah pandemi.

“Selain memperingati HATEDU, ini juga suatu sikap yang kita ambil untuk tetap berkarya dan beradaptasi, khususnya di bidang digital,” kata Azil.

Azil melanjutkan, podcast ini tidak hanya disiarlan melalui media sosial instagram saja tetapi juga akan ditayangkan pada kanal YouTube milik Teater Tiga Koma.

Baca Juga  Cek Penutupan PPDB, Ganjar Temukan 13.834 SKD, 1.007 Diantaranya Mengundurkan Diri

“Alhamdulillah, berjalan lancar dan menuai respons yang positif dari alumni hingga civitas akademik yang lain. Selain tayang di ig, podcast ini nantinya juga akan tayang di kanal Youtube Tigakoma. Tentunya selepas melewati masa editing,” tandasnya.(RedG/Dicky Tifani Badi)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed