oleh

Menuju Desa Bebas Limbah Plastik

Kendal – Desa Lebosari merupakan salah satu desa di Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal Propinsi Jawa Tengah, dengan wilayah sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Patebon dan Kecamatan Ngampel. Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang memberi pelatihan dan percontohan pengelolaan sampah terutama sampah plastik menjadi ecobrick, rabu (19/2).

Berbeda dengan pengelolaan sampah di kota-kota, Desa Lebosari masih belum memiliki sistem pengangkutan sampah rutin.

Sampah plastik merupakan sampah yang sulit terurai. Melalui pembakaran, masyarakat beranggapan bahwa plastik tersebut telah musnah dan dampak negatif sampah plastik tersebut telah hilang. Oleh karena itu, diperlukan inovasi penanganan sampah, khususnya sampah plastik, agar dampak negatif dari sampah plastik diminimalisir atau diubah menjadi barang yang lebih bernilai.

Tim KKN UPGRIS mencoba memberikan alternatif cara penanganan sampah menjadi ecobrick. Nantinya ecobrick dapat dibuat  menjadi   meja, kursi, sofa dan barang rumah tangga yang lainnya atau pengganti batu bata.

Sebanyak 15 peserta yang kebanyakan ibu PKK, kader kesehatan serta perangkat desa. sangat antusian terhadap pembuatan ecobrik ini. Semangat inilah yang mejadikan  gerakan dalam gerakan mengurangi sampah plastik. Dengan demikian, masyarakat dapat memulai langkah awal dalam misi penyelamatan dunia dari sampah plastik. (RedG/Tim KKN UPGRIS)

Komentar

Tinggalkan Komentar