Pemalang – Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara mengapresiasi pemerintah Kabupaten Pemalang atas kerjasamanya, sejak bulan april sudah menjalankan program BST, sampai hari ini penyerapannya sudah hampir seratus persen.

Hal ini diungkap pada kunjungan kerjanya di Pemalang, bertempat di  Kantor Pos Taman, Kecamatan Taman. Mensos yang didampingi bupati Pemalang H. Junaedi menyaksikan langsung pembagian BTS ke penerima manfaat.

Mensos juga mengemukakan, bahwa serapan yang hampir 100 % ini merupakan satu kinerja yang sangat baik. Mensos mengingatkan, menyalurkan bansos juga bukan pekerjaan mudah. Sebab, setelah Kemensos mengalokasikan kuota bantuan, ternyata daerah tidak bisa menyerap. Dan Kabupaten Pemalang merupakan daerah yang responsif, karena dari kuota penerima bantuan yang diberikan, bisa diserap dengan baik. Hal itu tergantung dari keaktifan kepala daerah dalam berkomunikasi dengan Kemensos.

” Menyalurkan bantuan juga tidak mudah. Artinya kita seringkali memberikan alokasi kepada daerah tapi daerah tersebut tidak bisa menyerap. Tapi Tergantung kepala daerahnya juga “. kata Mensos.

Kalau Kepala daerah dan jajaran aktif koordinasi dan komunikasinya aktif, lanjut Mensos, pasti warganya tertolong. oleh karena itu pihaknya sangat mengapresiasi

Karena kinerja itulah, saya minta Pak Dirjen, untuk menambahkan alokasi BST untuk Kabupaten Pemalang. sehingga akan semakin banyak lagi saudara-saudara kita yang terdampak covid-19 yang mungkin kehilangan pekerjaan, pendapatanya menurun, bisa terkurangi bebannya.

Menteri mengingatkan agar masyarakat Pemalang bisa berkoordinasi dengan Kepala Daerahnya dan jajarannya serta berpesan agar tidak perlu mengeluh di media sosial. Tapi disampaikan melalui kantor-kantor desa atau kecamatan

” Sampaikan saja, bahwa saya terdmpak covid-19 mohon didaftarkan dan nanti jajaran Pemerintah Daerah akan membantu “. tutur Mensos Juliari.

Dalam kesempatan itu, Mensos mengucapkan terimakasih kepada PT Pos dan jajaran atas koordinasinya. Menteri menyebut mereka adalah pahlawan kemanusiaan.

Sebelumnya, Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pemalang, Bupati H. Junaedi menyampaikan selamat datang di Kabupaten Pemalang kepada Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara.

Bantuan sosial yang diterima masyarakat Pemalang, kata Bupati berdampak sangat positif. Karenanya apa yang selama ini telah dilakukan oleh masyarakatnya, kedepan harapannya untuk dapat dilanjutkan ” karena ini merupakan program yang sangat baik untuk masyarakat “. kata H. Junaedi.

Harapannya apa yang sudah baik ini bisa dilanjutkan sebagai kesinambungan program antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten, kedepan akan lebih baik Bupati kembali berharap, program tersebut tetap eksis.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Juliari juga meninjau produk UMKM lokal yang menjadi komoditas E-Warong, dan berdialog dengan pelaku UMKM. Mensos Juliari memuji kewirausahaan yang tumbuh di daerah tersebut. (RedG/*)

Tinggalkan Komentar