oleh

Menparekraf Dorong Pemulihan Pariwisata Lewat K4

Jakarta – Tak perlu menunggu lama lagi, Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno,  diawal gebrakannya, akan melakukan percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemic Covid-19. Terlebih lagi bagi lima destinasi super prioritas yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

“Kita harus menyiapkan segala aspek untuk berbenah, tentunya yang harus kita dahulukan adalah aspek kesehatan,” kata Sandiaga dalam diskusi yang dilakukan secara virtual bersama seluruh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kotamadya seluruh Indonesia, Sabtu (26/12/2020).

Dalam kesempatan itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar seluruh Dinas Pariwisata se-Indonesia segera berbenah dan mempersiapkan segala hal, mulai dari kuliner, fashion, kriya atau kerajinan tangan, tari-tarian, maupun lainnya. Instruksi ini kata dia, merujuk pada usulan Presiden Jokowi, yakni calender of event atau daftar kegiatan tahunan setiap destinasi wisata.

Disampig itu, Presiden Jokowi juga kata Sandi, ingin memastikan setiap aspek kesehatan dan keselamatan dalam setiap destinasi pariwisata bisa diterapkan strategis. Instruksi tersebut yakni lewat penerapan CHSE atau K4.

“CHSE atau K4 ini yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan),” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Sandi, Wakil Presiden KH Maruf Amin juga menekankan agar sektor ekonomi kreatif harus bisa menjadi lokomotif dalam penciptaan lapangan pekerjaan.

“Kita mendata ada 30 juta pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk, mulai dari informal, hingga pelaku usaha mikro dan besar sangat terdampak dan harus segera dibantu,” paparnya.

Sandi menambahkan, percepatan kinerja sektor pariwisata ini harus dilakukan terhadap desa wisata, wisata religi, wisata halal, dan berbagai program yang menyentuh langsung terhadap masyarakat.

Baca Juga  Jokowi Minta Pembangunan Sektor Pertanian Dilakukan dengan Skala Luas

“Tugas ini adalah amanat yang berat, tapi akan ringan apabila kita kerjakan bersama. Hari ini adalah sebuah langkah awal, gerak kita menjalankan arahan Presiden dan Wakil Presiden,” imbuhnya. (RedG/Ongen)

Komentar

Tinggalkan Komentar