oleh

Menjelang Pemilu 2024, ASN Bangka Tengah Ucap Ikrar Netralitas

Bangka Tengah – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi kepulauan Bangka Belitung menggelar Sosialisasi Netralitas ASN dan Siraman Rohani Bagi Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

“Kepada seluruh ASN di Bangka Tengah untuk patuh kepada aturan sesuai dengan PP Nomor 94 Tahun 2021 Pasal 5 tentang Sikap Netral ASN dalam Menghadapi Pemilu,” ujar Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Senin (27/11/2023).

Ia mengatakan sebentar lagi kita mulai memasuki tahun politik. Sebagai ASN, anda semua wajib mengikuti aturan yang sudah diatur pemerintah untuk melarang ASN memberikan dukungan apapun terhadap calon presiden, calon kepala daerah, dan calon legislatif.

“ASN di Bangka Tengah khususnya dapat menghindari sikap-sikap yang dapat mengindikasikan seorang ASN tidak bersikap netral dalam menghadapi tahun politik,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan jangan ikut kampanye atau menjadi peserta kampanye, jangan mengenakan atribut partai.

“Apalagi atribut calon presiden dan calon legislatif, dan berhati-hati juga dalam menggunakan media sosial yang bisa dijadikan sarana untuk memberikan dukungan kepada salah satu peserta pemilu,” terangnya.

Ia menuturkan, sebagai warga negara, ASN juga memiliki hak pilih. Namun ia berharap para ASN tidak perlu menunjukkan sikap dukungan kepada salah satu peserta pemilu agar tetap mampu menjaga netralitas ASN dalam menghadapi pemilu.

“Kita semua punya hak pilih, tetapi saya harap teman-teman di sini semua untuk tetap berhati-hati dalam bertindak. Cukuplah kita berpartisipasi dalam pemilu sebagai pengguna hak suara saja, karena ASN dituntut untuk memiliki sikap netral agar dapat menjaga integritas sebagai seorang pelayan public,” imbuhnya (RedG/Rizal).

Komentar

Tinggalkan Komentar