oleh

Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Senam

Wonogiri – Senam dalam rangka Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) diadakan Puskesmas Kecamatan Kismantoro dan senam ini dilakukan di halaman Koramil 20/Kismantoro. Senam bersama ini diikuti anggota Koramil Kismantoro,pegawai puskesmas dan warga sekitar. Jumat (12/4).

Dalam sambutannya, dr. M. Nasir selaku Kepala UPTD Puskesmas Kismantoro menyampaikan bahwa Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat meningkatkan kualitas hidup.

Menyinggung perubahan pola penyakit di Indonesia saat ini, ia menjelaskan, bahwa meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker, dan diabetes militus.

Lebih lanjut, ada 10 indikator Germas, yakni, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan, penimbangan balita teratur setiap bulan, panggunaan air bersih, cuci tangan dengan sabun, penggunaan jamban sehat, pemberantasan sarang nyamuk, makan sayur dan buah setiap hari, aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok didalam rumah.

Senada hal tersebut, Danramil Kismantoro Kpt Inf Prahwoto mengingatkan akan pentingnya hidup sehat dengan selalu berolahraga dan ia sangat sependapat dengan apa yang dikatakan kepala Puskesmas dr. M. Nasir.(redG)

Komentar

Tinggalkan Komentar