oleh

Mengenang R. Maoneng Dalam Ziarah Leluhur Pemalang

Pemalang – Komplek Makam Suronatan belakang Masjid Agung Pemalang, Makam Syekh Hadiyana di Kecamatan Watukumpul, Makam Syekh Maghribi di Kecamatan Ulujami, Makam Gusti Sepuh di Kecamatan Petarukan, Makam Pagaran dan Makam Raden Maoneng. Keduanya di Kecamatan Pemalang merupakan makam-makam leluhur Pemalang yang memberi warna dalam sejarah perjalanan Kabupaten Pemalang sampai sekarang. Guna  mengenang jasa-jasa leluhur maka dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Pemalang, ziarah leluhur menjadi suatu rangkaian pokok dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pemalang Ke-444 Tahun 2019.

Di Makam Raden Maoneng, Kelurahan Bojongbata, Kecamatan Pemalang. Ziarah dilakukan oleh Bupati, H. Junaedi, SH., MM. yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Ir. H. Mohamad Arifin, M.Si. bersama para ulama setempat, Rabu (23/1/2019)

Dalam ziarah yang diikuti lebih dari seratus orang termasuk didalamnya Lurah Bojongbata, Ahmad Saefudin dan masyarakat sekitar, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. beberapa diantaranya adalah, Tahlil, dzikir dan doa untuk leluhur juga penyampaian riwayat Raden Maoneng oleh Tokoh masyarakat setempat, Sukarso dan diakhiri dengan tabur bunga.

Bupati, H. Junaedi dalam teks sambutanya yang dibacakan Mohamad Arifin, mengajak kepada semua yang hadir mengikuti ziarah untuk mendoakan arwah para leluhur, seraya berharap, Allah SWT. mengampuni dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan dan meridhoi setiap amal ibadah yang pernah dikerjakan serta menempatkanya pada tempat yang terbaik disisiNya.

Bupati berharap, kegiatan ziarah dapat dijadikan sebagai momentum untuk meneladani jejak perjuangan yang telah dilakukan oleh para leluhur kita dalam memberikan karya nyata bagi Kabupaten Pemalang. (RedG kontributor Diskominfopml)

Komentar

Tinggalkan Komentar