oleh

Meneguhkan Jiwa Kepemimpinan Menuju Organisasi  yang Reflektif dalam Menghadapi Modernisasi

Opini 

Oleh : Nurul Aini, (Mahasiswi Pariwisata Syariah STEMBI Al Aziziyah Randudongkal Pemalang)

 

Pemalang – “Kepemimpinan adalah suatu proses pemimpin dalam menggerakkan anggotanya untuk mencapai visi misi atau tujuan masa depan bersama. Sebab, pemimpin yang baik merupakan pemimpin yang mampu menciptakan pemimpin-pemimpin baru tanpa ada rasa takut tersaingi”. Kutipan yang disampaikan oleh salah satu Narasumber Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekitif Mahasiswa (DEMA) STIT Pemalang. Dalam kesempatan itu Kamis 3/6/2021,  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STEMBI Al Aziziyah Randudongkal diundang untuk menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Sebagai pemuda, kita harus memiliki jiwa pemimpin. Baik diawali dengan memimpin diri sendiri kemudian memimpin keluarga dan dilanjutkan dengan memimpin sebuah organisasi. Perlunya pemahaman tentang kepemimpinan adalah supaya kita mampu bertahan dalam menghadapi tantangan di era modernisasi ini.  Serta peka, dan dapat bergerak responsif di masyarakat.

Apalagi kita para pemuda penerus bangsa, perlu tahu cara bersikap dalam memimpin sebuah organisasi, baik organisasi bisnis, politik, sosial, teknis, maupun organisasi-organisasi lainnya tanpa mengedepankan ego. Peka terhadap lingkungan sekitar dan berfikir kritis  di segala situasi. Adapun skill yang harus dimiliki sorang pemimpin yaitu memiliki jiwa kepemimpinan, mampu berpikir kritis, mengetahui cara pengambilan keputusan suatu masalah, memiliki perencanaan kedepan, aktif di media, memiliki komunikasi yang bagus serta mampu memanajemen waktu dan tim.(RedG/*).

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar