oleh

Mendes: Pentahelix Solusi Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Desa

Pasuruan – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, ditengah kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini, kerja bareng dengan metode pentahelix sangat penting sebagai upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa.

Baik dari pendampingan di desa wisata maupun berbagai unit usaha yang dikelola BUMDes dari pihak-pihak lain sangat efektif untuk pemerataan ekonomi di desa.

“Ini sangat penting, karena memang kondisi seperti ini hanya satu hal yang bisa kita lakukan dengan model pentahelix, semua harus kerja bareng, semua harus satu visi dan satu misi untuk memulihkan ekonomi nasional,” ungkap Abdul Halim saat menjadi Keynote Speaker dalam Meet and Greet dengan pegiat Desa Wisata di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (5/3/2021).

Ia mengatakan, disamping terus melakukan upaya untuk menahan penyebaran Covid-19, upaya-upaya untuk pemulihan ekonomi juga harus dilakukan.

“Sesuai dengan arahan yang selalu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, harus jelas dan pasti, kapan harus menginjak gas dan kapan harus menginjak rem,” tuturnya.

Kendati demikian, Abdul Halim menuturkan, bahwa hal tersebut harus benar-benar terukur, jangan sampai menginjak gas kemudian menjadikan Covid-19 naik.

“Berarti harus di rem. Tapi jangan sampai menginjak rem tapi menjadikan ekonomi terpuruk,” ujarnya.

Untuk itu, ia meyakini, bahwa BUMDes bisa turut andil dalam memulihkan perekonomian dalam skala desa dan skala nasional melalui desa wisata dan unit-unit usaha lainnya.

“Misalnya jika bicara satuan desa itu sederhana, jika ada satu wisata desa yang diaktifkan maka akan ada transaksi dari orang jualan. Kalau kemudian dengan protokol kesehatan, dengan lahan yang luas dan kehadiran masyarakat yang proporsional, ekonomi tetap jalan,” tandasnya.

Baca Juga  Abdul Halim: SDGs Desa Mampu Mempercepat Pembangunan di Desa

Abdul halim pun meyakini, jika hal tersebut terjadi di setiap desa, maka akan meningkatkan pemulihan ekonomi nasional pada level desa.

“Jika hal tersebut terjadi di setiap desa, maka otomatis akan meningkatkan satu upaya yang disebut dengan pemulihan ekonomi nasional pada level desa,” pungkasnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar