oleh

Mencuri Ban Truk, Alasannya untuk Biaya Berobat Anak

Jambi – Seorang pemuda asal Tembesi Kabupaten Batanghari nekad mencuri ban dan velg mobil milik PT Kosambi Laksana Mandiri yang terletak di jalan lingkar selatan Kota Baru, Kota Jambi. Sang pemuda itu pun berdalih, ia kepepet untuk membiayai anak yang sedang sakit.

Terlepas dari dalih tersebut, Kapolsek Kota Baru Kompol Afrito Marbaro menyampaikan, bahwa pelaku bernama Sigit Waluyo (39) sudah diamankan sejak amankan 4 Januari 2021. Pencurian tersebut terungkap berdasarkan laporan pemilik perusahaan.

Kronologi kejadiannya itu sendiri, menurut Afrito, bahwa pelaku membuka ban tersebut pada saat mobil milik PT Kosambi terparkir di gudang perusahaan tersebut. “Ketika itulah Sigit mengendap-endap masuk ke gudang dan memereteli ban truk beserta peleknya satu persatu,”ujarnya saat menggelar konferensi pers di Mapolsek Kota Baru, (13/1).

Rencananya, berdasarkan pengakuan Sigit,  hasil pencurian tersebut akan dijual seharga 3,8 juta.. Atas perbuatannya itu, Afrito menambahkan, saat ini si terduga pelaku sudah diamankan, berikut barang buktinya, berupa ban beserta peleknya dan dongkrak. “Atas pencurian itu, kerugiannya ditaksir berkisar Rp 8,5 juta,” katanya.

Ironisnya, seperti diuraikan Kapolsek berdasarkan pengakuan pelaku, bahwa pencurian itu dilakukan karena Sigit kepepet butuh uang untuk biaya berobat anaknya.

Kendati begitu, hukum tetap harus ditegakkan, Karena itu, atas perbuatannya Sigit dijerat Pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman paling lama 9 tahun penjara. (RedG/Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed