oleh

Menariknya Media Gathering Bea Cukai Tegal

Tegal – Suasana lain terjadi di kantor Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal (KPPBC TMP C Tegal) yang biasa disebut kantor bea cukai Tegal ini. Senam aerobic yang diikuti oleh pegawai bea cukai Tegal terlihat pula beberapa awak media dengan semangat mengikuti gerakan instruktur senam.

Ini merupakan salah satu kegiatan Media gathering yang diadakan oleh kantor bea cukai Tegal. Setelah senam pun awak media diajak keseruan dalam berolah raga, pertandingan bola volly antara pegawai bea cukai dengan para wartawan yang baru dipertemukan di acara tersebut, Rabu (23/10)

Sebelum memasuki acara yang serius, kedua kegiatan ini telah mencairkan suasana keakraban antara pegawai bea dan cukai Tegal dengan para wartawan maupun antar wartawan yang baru ketemu di acara tersebut.

Mengangkat tema “Media gathering bea cukai Tegal, rekat untuk lebih saling kenal dan bersinergi membangun negeri” mengundang perwakilan dari beberapa media cetak televisi, radio dan online serta dinas Kominfo/humas dari tujuh kabupaten/kota yang ada di Pantura mulai dari Kabupaten Batang sampai Brebes sebagai wilayah kerja kantor bea cukai Tegal.

Menurut kepala seksi kepatuhan internal dan penyuluhan, Lucia Itaning Prasetya, pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bea Cukai RI ke-74 tahun yang diperingati pada 1 Oktober 2019 dan menjelang peringatan hari Oeang RI ke-74 tahun pada 30 Oktober 2019. Sebagaimana diketahui publik bahwa Bea Cukai Tegal menupakan salah satu instansi vertikal di bawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DIBC), Kementerian keuangan RI.

Secara resmi peserta media gathering diterima dan disambut oleh Kepala Kantor Bea dan Cukai, Niko Budhi Darma. Dalam kesempatan itu secara singkat dipaparkan tentang Visi, Misi serta Tugas dan Fungsi DJBC pada umumnya dan Bea Cukai Tegal pada khususnya oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Lucia Itaning Prasetya. Tidak
berhenti sampai di tingkat paparan, Bea Cukai Tegal pun mengajak rekan Awak Media untuk berkunjung ke PT Daehan Global dan PT Gudang Garam, Tbk. yang merupakan pengguna jasa Kepabeanan dan Cukai Bea Cukai Tegal, guna mengenalkan secara lebih dekat bisnis proses pelayanan dan pengawasan Bea Cukai Tegal kepada para pengguna jasanya.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Kabupaten Pemalang Kembali Rilis Penambahan Kasus Covid-19

Harapan besar ingin dicapai dari kegiatan Media Gathering ini adalah saling sambut hangat dan terbentuknya apresiasi yang baik di antara Awak Media dengan Bea Cukai Tegal, secara langsung maupun tidak langsung media telah membantu Bea Cukai dalam mengedukasi rasyarakat
serta menyebarkan informasi mengenai seluruh kegiatan yang selama ini telah dilakukan oleh Bea Cukai. Secara tidak langsung tugas dan fungsi Bea Cukai pun bersinggungan dengan tugas insan media. Dalam hal ini hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) terbentuk dimana Bea Cukai perlu memberikan berita kepada masyarakat sedangkan insan media membutuhkan berita untuk
dimuat. Semoga ke depan sinergitas yang telah dibangun melalui kegiatan Media gathering ini dapat terus berjalan dengan baik dan jajaran media dapat memberikan masukan ke Bea Cukai Tegal tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan insan media.

Disinggung oleh Lucia, sebagai institusi pemerintah, Bea Cukai memiliki tugas dan fungsi sebagai Trade Facilitator, Industrial Assistance, Community Protector dan Revenue Collector. Ini semua membutuhkan peran media untuk menyampaikan informasi secepatnya ke masyarakat luas. Melalui media, publik dapat mengetahui aktivitas Bea Cukai Tegal, bahkan dinilai dapat membantu dalam mensosialisasikan berbagai kebijakan Direktorat Jenderal Bea Cukai pada khususnya dan Kementerian Keuangan pada umumnya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar