Menanam Tumbuhan Vetiver di Dataran Pegunungan Rawan Bencana

Pemalang-Penanaman tanaman jenis Vetiver dan siap tanggap bencana di Bukit Gambangan Dusun Tumanggal DesaBanyumudal Kec.Moga Kab.Pemalang. Kegiatan ini di inisiasi oleh Polres Pemalang tujuannya untuk menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor. Selasa (11/02/2020).

Menurut Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian alam hutan sebab bencana alam seperti banjir, tanah longsor yang terjadi saat ini karena memang perilaku Manusia itu sendiri yang tidak mau menyukuri nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita. Sehingga masih sering kita dengar adanya penebangan liar hutan, oleh karena itu menanam pohon harus kita gelorakan bersama-sama.

Wilayah Pemalang selatan bagian Watukumpul, Belik, Moga, ini memang Pegunungan yang rawan terjadi longsor maka dari itu, Hari ini kami dari Polres Pemalang bersama sama dengan segenap elemen masyarakat memualai menanam jenis rerumputan yang namanya rumput vetiver dimana rumput jenis ini memiliki kelebihan untuk mengikat tanah lebih kuat daya cengkramnya, dimana Presiden kita Bapak Jokowi memerintahkan kepada pemerintah daerah termasuk kita semua yang wilayahnya rawan tanah longsoragar menanam rumput vitiver ini. Hal ini sudah dibuktikan bahwa Bapak Jokowi telah menanam rumput jenis ini di desa Pasirmadang, sukajaya,Bogor Jawa barat dimana kawasan tersebut sering dilanda tanah longsor, Ungkap Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu.

Hadir dalam kegiatan tersebut H.M. Agus Sukoco SIP, MSi (Ketua DPRD Kab.Pemalang), Letkol Inf Irvan Christian Tarigan S.Ip M.Han (Dandim 0711/Pemalang), AKBP Edy Suranta Sitepu S.I.K, M.H (Kapolres Pemalang), Ferizal SH.MH (Kepala kejaksaan negeri Pemalang), PJU Polres Pemalang, para Pasi Kodim 0711/Pemalang, para Danramil Kodim 0711/Pemalang, para Kapolsek Polres Pemalang, Muspika Kecamatan Moga, Gunawan Catur (ADM Perhutani Pekalongan Barat), anggota Kodim 0711/Pemalang, anggota Polres Pemalang, anggota Perhutani Kab.Pemalang, Ormas Banser, Ormas Pemuda Pancasila, Fatayat NU, Muhammadiyah, Pramuka Sakawira Kartika, Tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan segenap masyarakat Banyumudal. (RedG/KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *