oleh

Memilih Pemimpin yang Amanah

Opini
Khoerul Anam, S.Pd.I (Ketua KNPI Bantarbolang)

Pemalang – Jelang pesta Demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pemalang tahun 2020 sudah jelas sebagai tanda akan adanya pergantian pemimpin periode selanjutnya, hiruk pikuk seputar pemilihan Bupati mulai mencuat, sosok figur yang menawarkan dirinya untuk maju menjadi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pemalang mulai terasa, baik didunia nyata maupun didunia maya.

Poster dan baliho Bakal calon Bupati sudah memenuhi tempat-tempat strategis untuk menarik perhatian masyarakat. Ada banyak program yang mereka tawarkan seperti menyejahterakan rakyat, mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan Pribadi dan berbagai program yang berusaha menarik simpati.

Namun kita harus cerdas dalam menjatuhkan pilihan karena kalau kita salah pilih yang kita harapan akan hilang dan sirna tinggal harapan palsu yang mungkin kita dapatkan. Kita harus mencermati dengan akal sehat, menghindari politik uang atau praktik kotor lainnya. Supaya pemimpin kedepannya benar-benar berjuang untuk memberikan kemajuan terhadap semuanya.

Dalam sudut pandang Islam, memilih pemimpin bukanlah semata-mata urusan duniawi. Memilih pemimpin pada hakikatnya adalah bagian dari urusan dunia sekaligus Akhirat.

Seorang pemimpim adalah faktor penting dalam kehidupan masyarakat. Oleh karenanya, menentukan pilihan terhadap seorang calon pemimpin nyaris sama dengan menentukan masa depan mereka, Seorang pemimpin yang amanah, jujur, baik, cerdas dan amanah, niscaya rakyatnya akan makmur. Sebaliknya jika pemimpinnya tidak Amanah, jujur, korupsi, serta mendzalimi rakyatnya , niscaya rakyatnya akan sengsara.

Menjadi pemimpin memang bukan perkara mudah. Ada banyak tanggung jawab yang harus dipikul selama ia jadi pemimpin. Pemimpin harus amanah dan menaati janji yang telah diikrarkan. Jabatan bukanlah kesempatan untuk mencari ketenaran serta menumpuk kekayaan, melainkan sebuah amanah yang sangat berat pertanggungjawabannya.

Baca Juga  Hukum Dan Penegakan Hukum Lalu Lintas

Akhirnya memilih pemimpin yang amanah adalah suatu keharusan yang mutlak untuk kita semuanya, karena pemimpin yang amanah akan selalu memikirkan rakyat, bukan hanya untuk memikirkan keluarga dan golongan sendiri, membodohi rakyat, mengeruk harta sebanyak-banyaknya seraya menggunakan aji mumpung.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed