oleh

Melek Teknologi, Pemasaran Online Bagi Warga Banyumeneng

Demak – Warga Desa Banyumeneng menghadiri Sosialisasi Pemasaran Online yag diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UPGRIS 2020, Minggu (9/2)

Hadir dalam kegiatan itu ibu-ibu PKK, Karang Taruna, dan para pelaku wirausaha.  Sosialisasi diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UPGRIS, sejalan  misi UPGRIS yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Literasi Digital Menuju Desa/ Kelurahan Mandiri”. Dengan Narasumber berkompeten  staff Google, Sony Ramadhan.

Minimnya pengetahuan warga desa mengenai kemajuan teknologi dan cara pengoperasian gadget maupun aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan jual-beli secara online merupakan alasan kegiatan ini. Hal tersebut dikarenakan sebagian pelaku wirausaha sudah berusia lanjut yang mana minat untuk belajar dan penyeseuaian terhadap perkembangan zaman sedikit kurang, terlebih sulitnya sinyal di desa tersebut sehingga menghambat warga desa untuk terhubung ke internet.

Hal lain yang mendukung gagasan acara tersebut adalah potensi UMKM Desa Banyumeneng yang perlu pendistribusian secara meluas dengan lingkup atau jangkauan yang lebih besar. Produk-produk UMKM yang mayoritas adalah olahan rebung berpotensi sebagai inovasi kuliner yang menjanjikan di Kabupaten Demak bahkan di Jawa Tengah. Beberapa produk unggulan seperti, Kerupuk Rebung, Nugget Rebung, dan Puding Rebung masih dipasarkan hanya dalam lingkup desa dan perlu pengembangan lingkup atau jangkauan pendistribusian produk-produk tersebut.

Diharapkan dengan acara Sosialisasi Pemasaran Online tersebut dapat membantu warga Desa Banyumeneng untuk melek teknologi dan dapat memasarkan produk-produk unggulan mereka dalam skala besar sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga desa. 9RedG/KKN UPGRIS 2020)

Komentar

Tinggalkan Komentar