Pemalang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik  UNDIP TIM II tahun  2020 yang diterjunkan di kabupaten Pemalang, memberikan daya ungkit dalam pemasaran batik khas Pemalangan. Mahasiswa KKN ini  membantu mengembangkan digital marketing melalui Whatsapp business di Batik Arum Cempaka Desa Cibelok, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang.

Kegiatan ini merupakan program KKN UNDIP yang berlangsung sepanjang bulan September hingga Oktober 2020.

Hanif Musyaffa, selaku mahasiswa KKN Tematik Undip Desa Cibelok mengatakan, dalam situasi saat ini banyak UMKM membutuhkan bantuan agar mampu berkembang. Salah satunya adalah Batik Arum Cempaka merupakan sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, banyak UMKM yang mengalami kesulitan, nah dengan program pengabdian, melalui KKN berbasis teknologi informasi digital dengan Whatsapp business ini, kami ingin membantu,” kata Hanif, Jum’at, (13/11/2020).

Dalam proses KKN, mahasiswa didampingi oleh Fahmi Arifan, S.T., M.Eng, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Ada sepuluh mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UNDIP.

Menurut Fahmi, KKN ini adalah bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UNDIP secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi. Ia berharap melalui Whatsapp business, Batik Arum Cempaka dapat bangkit.

“Biasanya KKN dilakukan di desa, namun menghadapi pandemi Covid-19, KKN difokuskan untuk membantu UMKM agar segera bangkit dengan Whatsapp business,” harap Fahmi. (RedG/KKN)

Tinggalkan Komentar