oleh

Melalui Tes Samapta Periodik II Tahun 2021, Prajurit Kodim 0711 Pemalang Diukur Kemampuannya  

Pemalang – Samapta Periodik Kedua TA. 2021 Kodim 0711 Pemalang dilaksanakan dengan pengawasan dari Tim Jasmani Korem 071/Wijayakusuma,  di Sirkuit Taman Pesiar Widuri Pemalang,  Selasa (21/9/2021).

 

Kegiatan  untuk mengukur dan meningkatkan sejauh mana kemampuan seorang prajurit selama berlatih pembinaan fisik di satuan guna mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan agar dapat terlaksana dengan baik.

Samapta Periodik yang dilaksanakan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena situasi dan kondisi Pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaannya seluruh anggota diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, yaitu mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan dan jaga jarak.

Sebelum pelaksanaan Kesamaptaan, anggota terlebih dulu mengisi blangko ceklis, pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan dari Poskes 04.10.08 Klinik Pratama Kartika 11 Pemalang dan dilakukan peregangan dan pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan Samapta.

Kesamaptaan jasmani yang dilakukan meliputi Samapta A yaitu lari 12 Menit dan Samapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan). Pelaksanaannya dilanjut dengan ketangkasan renang militer sejauh 50 Meter.

Kegiatan ini mendapatkan atensi khusus dari Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Inf Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M. Tr (Han)., mendampingi para anggota serta memberikan motivasi agar anggota mampu mencapai target nilai sesuai dengan ketentuan.

Di Sela-sela kegiatan tersebut Dandim melalui Kasdim mengatakan, ” Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan fisik serta mengukur kemampuan para personil,dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama di wilayah Kodim 0711/Pemalang”, kata Dandim

Kasdim juga menekankan kepada seluruh anggota yang akan melaksanakan tes Kesegaran Jasmani,agar melaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri,jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Baca Juga  Satpol PP Cek Kandang Ayam Yang Dipermasalahkan Warga

Sementara pada kesempatan yang sama, Pasiops Kodim 0711/Pemalang Kapten Arm Eko Budiharjo, mengatakan kesegaran jasmani periodik II TA. 2021 akan dilaksanakan selama 3 hari tanggal 21 sampai dengan 23 September 2021, tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan seperti, disediakan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, cek tensi tekanan darah, menggunakan masker dan pembatasan peserta garjas dalam setiap gelombang agar tetap jaga jarak, Pungkas Kapten Eko.(RedG)

  • Penulis : Candra
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed