oleh

Media Alternatif Pengenalan Wayang Bagi Milenial

-Surakarta-18 views

Solo-Rancang Video Mapping Animasi Ramayana, Tim Riset ISI Surakarta berupaya membuat media alternatif pengenalan wayang bagi generasi milenial.

Rancangan multimedia ini direncanakan ditayangkan di lokasi gedung Museum Radyapustaka atau lokasi lainnya yang sesuai dengan karakteristik teknologi video mapping tersebut.

Hasil rancangan oleh tim peneliti dari ISI Surakarta telah melakukan kajian melalui Hibah DRPM Skim Penelitian Terapan Kompetitif Nasional yang dipimpin oleh Dr. Sri Hesti Heriwati, M. Hum sebagai ketua, dengan tim anggota yaitu Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn, Suwondo, S.Kar., M.Hum, dan Dr. Bagong Pujiono, S.Sn., M.Sn

Dr. Sri Hesti Heriwati, M. Hum, Senin (7/12) mengatakan hasil penelitian lintas bidang keilmuan ini yang berjudul “Media Pendidikan Karakter dan Pelestarian Seni Budaya Melalui Pengembangan Pertunjukan Wayang Kulit Dengan Animasi 3Dimensi di Surakarta” akan mengangkat epos Ramayana, dimana karakter tokoh seperti Rama, Sinta, Rahwana, dan Hanoman dibuat dalam bentuk animasi dan ditayangkan melalui video mapping yang dijadwalkan pada akhir bulan Desember baik secara luring maupun daring dengan melihat kondisi Covid-19 di Surakarta.

“Melalui karya seni diharapkan dapat sebagai media alternatif berupa video mapping ini untuk mengembangkan dan mengenalkan wayang kepada generasi muda melalui media yang sesuai dengan karakteristik anak muda,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed