oleh

Mau Isolasi Mandiri di Hotel Bintang Dua dan Tiga, Ini Syaratnya!

Jakarta – Di Jakarta saat ini sudah tersedia 4.000 kamar dari 19 hotel yang siap menampung pasien orang tanpa gejala atau OTG virus Covid-19 yang ingin melakukan isolasi mandiri secara gratis. Namun, untuk bisa melakukan isolasi mandiri di kamar hotel bintang dua dan tiga tersebut, pasien harus memiliki lima persyaratan yang telah ditetapkan.

Kelima persyaratan tersebut adalah pertama, harus memiliki bukti valid positif corona dari dokter, kedua datang sendiri ke hotel yang sudah ditetapkan, ketiga pemeriksaan pasien oleh dokter (mengetahui gejala), keempat menuju kamar isolasi bila tidak ada gejala atau gejala ringan, dan kelima jika sudah negatif akan diarahkan melakukan check out.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Maulana Yusran mengatakan, sejatinya ada sekitar 33 hotel yang telah mendaftar ke pemerintah daerah (Pemda) DKI Jakarta untuk menjadi fasilitas isolasi OTG.

Namun, dari 33 hotel tersebut baru 19 hotel yang terverifikasi di Pemda DKI Jakarta serta Satgas Penangangan Covid-19. Sementara itu, dari 19 hotel ini pun baru sekitar 6 hotel yang benar-benar dimanfaatkan sebagai lokasi isolasi OTG.

“Hotel-hotel tersebut harus diverifikasi lagi untuk dinyatakan siap atau sesuai standar untuk menerima orang-orang OTG pasien Covid-19. Yang keluar daftarnya 19 hotel. Tapi yang digunakan itu baru 6, karena volume (pasien) belum memenuhi,” kata Maulana, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Sebagai informasi, selain wilayah Jakarta, Pemerintah juga akan menyiapkan hingga 14.000 kamar hotel yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan Bali.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun telah menyiapkan anggaran sebesar Rp.100 miliar untuk menunjang biaya hotel dan makanan bagi pasien OTG yang melakukan isolasi mandiri di hotel tersebut, agar pasien tidak mengeluarkan biaya pribadi selama menjalankan isolasi mandiri. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed