oleh

Masyarakat Diminta Tetap Jaga Hasil Pembangunan Program TMMD 

Kota Pekalongan – Kegiatan penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2021 Kota Pekalongan ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan hasil program dari Dandim 0710/ Pekalongan yang diwakilkan oleh Kasdim Letkol Inf Raji kepada Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin,STP di Banyurip Gg.4,Kec. Pekalongan Selatan,Kota Pekalongan,Kamis(14/10/2021).

Kasdim Raji menjelaskan bahwa, TMMD Sengkuyung ini merupakan program yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Kasdim Raji juga turut menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan TMMD di Kelurahan Banyurip secara moril maupun non moril. Kasdim Raji menyebutkan, adapun sasaran dalam pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 meliputi sasaran fisik yakni pengaspalan jalan dengan volume Panjang 807,8 meter dan Lebar 2-7,85 meter dengan ketebalan 3 cm.

“Dalam TMMD ini tidak hanya menyasar program fisik saja melainkan juga diimbangi dengan program non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, sosialisasi bahaya narkoba, antisipasi dampak bencana,membangun budaya gotong-royong, mewujudkan Rumah Lestari, pelatihan UMKM, hingga Sosialisasi Kepatuhan Protokol Kesehatan (Prokes) Ketat dalam Masa Pandemi Covid-19,” tutur Kasdim Raji.

Menurutnya, pembangunan non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat terutama dalam menangkal bahaya pandemi covid 19 sebagai ancaman stabilitas bangsa dan negara terutama stabilitas kesehatan nasional.

Lebih lanjut,pihaknya berharap,hasil pelaksanaan TMMD nantinya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat dalam rangka meningkatkan laju perekonomian masyarakat sekitar, memperlancar pembangunan di wilayah yang menjadi sasaran program TMMD dan memperkokoh jiwa nasionalisme terutama bersama-sama menghadapi masa pandemi yang belum berakhir ini.

Baca Juga  Kapolres Bangka Barat, Antisipasi Liburan Natal dan Tahun Baru kedepankan Prokes

“Pelaksanaan TMMD ini dapat memberikan sumbangsih membantu pemerintah melaksanakan program pembangunan Kota Pekalongan,” harap Kasdim Raji.

Wakil Walikota Pekalongan, H. Salahudin,STP menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada para anggota TNI, masyarakat dan pihak-pihak terkait yang telah melaksanakan kegiatan TMMD secara profesional, penuh ketulusan, dan tanggung jawab dengan selalu memperhatikan faktor keamanan dan kesiapsiagaan. Dituturkannya, TMMD yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan merupakan upaya untuk membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

“Alhamdulillah TMMD Sengkuyung Tahap IIl di Kelurahan Banyurip ini hasilnya sangat baik. Dengan tangan-tangan terampil dari para personil TNI, TMMD mampu menghasilkan kegiatan pembangunan yang dilakukan secara bergotong-royong bersama masyarakat. Semoga kegiatan
TMMD menjadi perekat dan pemersatu antara TNI dengan rakyat manunggal menjadi satu. Ini perlu terus dikembangkan karena TNI berasal dari, oleh dan untuk rakyat,”ungkap Wawalkot Salahudin.

Dengan selesainya program TMMD Sengkuyung Tahap III tahun anggaran 2021 ini,pihaknya berharap kepada masyarakat sekitar untuk menjaga, memelihara dan mengembangkan hasil pembangunan yang telah direalisasi melalui kegiatan TMMD ini untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat. (RedG)

 

  • Penulis : Rusgianto
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed