oleh

Masyarakat Barito Utara Napak Tilas Tumbang Anoi

Muara Teweh – Tumbang Anoi merupakan salah desa yang berada di kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Tumbang Anoi suatu tempat bersejarah bagi perjalanan masyarakat Dayak. Tumbang Anoi menjadi tempat rapat akbar untuk mengakhiri tradisi mengayau pada tahun 1894.Untuk memperingati sejarah tumbang anoi 1894 ,maka seluruh masyarakat suku dayak mengadakan kegiatan napak tilas tumbang anoi, akan berlangsung dari tanggal 22-24 Juli 2019. Berbagai acara sudah disiapkan oleh panitia antara lain seminar internasional Tumbang Anoi.

Untuk kegiatan tersebut Barito Utara ikut hadir dalam kegiatan napak tilas tersebut. Kabupaten Barito Utara diwakili oleh 4 lembaga yang diantaranya Gerdayak , Dayak Misik ,MAKI dan Pemuda Kaharingan dalam rangka mengikuti Internasional Napak Tilas di Tumbang Anoi.

Terkait kegiatan tersebut , pemerintah daerah kabupaten Barito Utara juga memberikan perhatian lebih kepada lembaga-lembaga yang mewakili Barito Utara mengikuti kegiatan tersebut.

Seperti yang diungkapkan Hison selaku koordinator rombongan Barito Utara kegiatan tersebut “Terimakasih Pemda barito-Utara yang sudah membantu keberangkatan Gabungan organisasi 4 lembaga adat kabupaten barito-utara yaitu Gerdayak, dayak misik, Maki dan pemuda kaharingan untuk mewakili acara Internasional Napak Tilas di Tumbang Anoi, kerena bagaimanapun gabungan 4 lembaga ini tetap membawa momen Barito Utara ” katanya

Hal senada juga disampaikan sekretarisnya,Ketua MAKI Sukarni S.Ag menambahkan, “gabungan 4 lembaga yang akan hadir tidak memandang besar atau kecilnya bantuan terhadap kami yang kami butuhkan adalah dukungan dan support dari pemerintah daerah” tambahnya (RedG/anang )

 

Komentar

Tinggalkan Komentar