oleh

Masjid Agung Jawa Tengah Bakal Menggelar Shalat Idul Fitri, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Semarang– Ramadhan tak terasa akan berakhir yang tinggal menghitung hari untuk melaksanakan Lebaran 2021.

Shalat Idul Fitri yang rencananya dilaksanakan 1 Syawal 1442 Hijriah, tepatnya pukul 06.47.

Terkait hal itu, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menggelar Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah dengan jumlah maksimal jamaah 1/3 kapasitas.

Sebagai informasi, kesepakatan bersama tiga masjid di Kota Semarang antara lain Masjid Baiturrahman, Masjid Agung Semarang dan Masjid Agung Jawa Tengah yang akan menggelar Shalat Idul Fitri.

“Kesepakatan dengan Masjid Baiturrahman dan Masjid Agung Semarang. Kami gelar Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah,” kata Humas MAJT Beny Arief Hidayat, Selasa (11/5/21).

Menurut Beny, pelaksanaan Shalat Idul Fitri itu akan tetap menetapkan protokol kesehatan secara ketat. Dalam pelaksanaan protokol kesehatan seperti membatasi jumlah jamaah maksimal 1/3 dari kapasitas masjid.

“Jamaah kami batasi, maksimal 5.000 jamaah atau sesuai dengan tanda yang kita buat,” imbuhnya.

Antisipasi kerumunan, Beny menjelaskan, ada tiga pintu masuk MAJT yang akan dibuka. Tidak hanya itu saja, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan polisi setempat untuk kelancaran Shalat Ied.

“Pintu dari Jolotundo, Gajah Raya, Arteri Soekarno Hatta kita buka semua. Kan selama pandemi hanya pintu Gajah Raya yang dibuka,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada para jamaah agar selalu mematuhi protokol kesehatan ketika Shalat Ied di MAJT. Ia meminta untuk jamaah agar membawa sajadah dan berwudhu dari rumah.

“Masker, jaga jarak pasti. Cuma kami minta juga agar jamaah berwudhu dari rumah dan bawa sajadah,” jelasnya.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di MAJT yang akan menjadi Imam Shalat Idul Ied yakni KH Ulil Abshor Al Hafidz. Sedangkan, Ketua Baznas Pusat Prof Noor Achmad juga akan menjadi Khotib Shalat Ied MAJT.

Baca Juga  Angin Puting Beliung Terjang Rumah Warga Mejagong Pemalang

“Bertindak sebagai imam KH Ulil Abshor Al Hafidz, Khatib Prof Noor Achmad,” ucapnya.(RedG/Dicky Tifani Badi)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed