oleh

Mansur Hidayat, Perayaan Hari Suci Umat Nasrani di Pemalang Dijamin Keamanannya

Pemalang – Peringatan hari suci umat Nasrani, Kamis Suci – Jum’at Agung – Minggu Paskah menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Pemalang. Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersama dengan Forkompimda Kabupaten Pemalang meninjau langsung ke beberapa gereja yang ada di Kabupaten Pemalang untuk memastikan keamanan dan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Mansur Hidayat yang akrab disapa Mas Mansur bersama rombongan melakukan pengecekan keamanan dan penerapan prokes di lingkungan Gereja Santo Lukas, Gereja Bethel Indonesia, Gereja Kristen Indonesia, GPPS Imanuel dan Gereja Kristen Jawa, Jum’at (2/4).

Monitoring keamanan dan penerapan protokol kesehatan di beberapa Gereja ini untuk memastikan keamanan selama 24 jam dan memantau agar kegiatan ibadat tetap mematuhi prokes.

“Terkait dengan covid-19 jamaat tetap bisa ibadah tetapi mengikuti protokol kesehatan seperti menyiapkan pengukur suhu tempat cuci tangan dan penyediaan handsanitaizer, tempatnya juga jaga jarak” katanya.

Pihak gereja dihimbau untuk membatasi jumlah jama’ah yang beribadah di gereja, sedangkan bagi yang tidak hadir bisa beribadah di rumah menggunakan virtual seperti YouTube, dan zoom meeting.

“Kalau tidak bisa datang ke tempat ibadah bisa melakukan di rumah”, imbuhnya.

Mas Mansur berpesan agar umat Kristiani tetap bersemangat beribadah seperti biasa, tidak perlu takut terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan, tetap menjaga protokol kesehatan.

Di tempat yang sama, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prastyo Nugroho mengatakan, dalam melaksanakan pengamanan perayaan Paskah, pihaknya menurunkan petugas keamanan di semua titik pelaksanaan ibadah di gereja. Dalam melakukan kegiatan pengamanan, kepolisian dibantu oleh TNI dan beberapa Ormas Islam serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), sebelumnya juga dilakukan sterilisasi.

”Pengamanan juga dibantu oleh Kodim 0711/Pemalang, FKUB, generasi muda lintas agama, dan Ormas Islam, artinya kita saling toleransi lintas umat beragama” ungkapnya

Baca Juga  GEMPUR Minta Bupati Pemalang Serius Tangani Covid-19

Ronny berharap, dalam pelaksanaan perayaan hari suci umat Nasrani di Kabupaten Pemalang bisa berjalan dengan aman, lancar dan keamanan dalam melaksanakan ibadah umat kristiani tetap terjamin.(RedG/Denis Sulung)

Komentar

Tinggalkan Komentar