oleh

Manfaatkan Lahan Eks Tambang, Pesantren Ibnu Sabil Panen Lele

Bangka Tengah – Manfaatkan Lahan Eks atau Bekas Tambang di kawasan Pondok Pesantren Ibnu Sabil panen perdana puluhan kilo ikan lele yang akan dijual dan dikonsumsi untuk kebutuhan pondok pesantren di Desa Cambai, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (09/02/21).

Dalam acara panen ini, Ustad Pondok Pesantren Ibnu Sabil Fauzan mengungkapkan bahwa ini adalah hasil ekerjasama dengan PT. Timah melalui CSR bidang PPM memanfaatkan lahan bekas tambang untuk budidaya ikan lele, nila dan gurami. Budidaya dengan menggunakan sistem kerambah jaring apung.

“Melalui kerjasama budidaya ikan air tawar di lahan bekas tambang ini, para santri di Pondok Pesantren bisa memanfaatkan tambak ini untuk belajar sehingga tidak hanya belajar akademik saja tapi juga meningkatkan keterampilan membudidayakan ikan air tawar di lahan bekas tambang.” ungkapnya.

Selanjutnya Ustad Fauzan mengatakan untuk hasil panen ini dijual dan juga dikonsumsi untuk para santri di Pondok Pesantren. Dan Menurutnya juga untuk masyarakat lokal di Desa Cambai yang cukup besar minatnya untuk mengkonsumsi ikan lele.

“Untuk lele yang besar kita jadikan untuk indukan, ada yang kita jual dan juga kita konsumsi untuk Pesantren. Dari CSR PT Timah ini program PPM jadi nanti arahnya kita bisa mandiri dan terus mengembangkan budidaya ini,” katanya.

Selanjutnya Ustad Fauzan menjelaskan bahwa sebelumnya mereka telah menebar 10 ribu ekor bibit lele dan nila dan 1500 ekor ikan gurami. Ini baru tahap pertama, rencananya akan kembali dilakansanakan penebaran bibit tahap kedua.

“Kami bersyukur dengan program CSR PT Timah, karena mereka tidak hanya memberikan bantuan dan tidak melepaskan tanggungjawab begitu saja, tapi mereka juga datang melihat perkembangan, ikut memonitoring dan intinya ada pendampingan,” jelasnya.

Baca Juga  Ini Kronologis, Tertembaknya Residivis Di  Bangka

Terakhir Pihaknya juga menyampaikan apresiasi program pembinaan yang dilakukan PT Timah, pasalnya banyak manfaat yang diperoleh dari program ini.

“Alhamdullillah banyak terima kasih kepada PT Timah, kita memanfaatkalan lahan bekas tambang dan ini banyak manfaat karena ini juga menjadi sarana edukasi pembelajaran di luar kelas, terus juga bisa memberikan pendapatan dan manfaat lainnya,” ujarnya. (RedG/Prima).

Komentar

Tinggalkan Komentar