oleh

Maksimalkan Dana Desa untuk Kesejahteraan Rakyat

Brebes –  Penggunaan Dana desa mestinya tidak hanya berorientasi pada pembangunan fisik saja, namun juga pada peningkatan sumber daya masyarakat Desa. Demikian disampaikan anggota DPR RI Komisi II Fraksi Golkar H. Agung Widyantoro, SH, M.Si pada agenda diskusi akbar online “ Urun Pikir Gagasan Brebes Maju “ yang diselenggarakan secara daring dalam rangka hari Jadi Kabupaten Brebes ke-343.

Dengan adanya Dana Desa dari Pemerintah Pusat kepada tiap – tiap Desa, perlu diimbangi dengan penataan kelembagaan bagaimana Desa diajarkan membuat RAPBDes, bersinergi dengan lembaga perwakilan Desa, LPM untuk menyusun rencana pembangunan. Bahkan tidak ada satu rupiahpun dianggarkan, kalau tidak ada APBDes.

“ Hampir setiap Desa saat ini didorong untuk memiliki Badan Usaha Masyarakat Desa ( BUMDes ). Saat ini di beberapa Desa sudah terbentuk Desa berbasis digital. Mereka memberikan informasi dan pelayanan dalam satu genggaman tangan,” kata Bupati Brebes periode 2010 – 2012 ini.

Harapan kedepan, lanjut Agung, BUMDes yang telah dbentuk oleh Desa memiliki bidang usaha yang mampu menghasilkan dan menghidupi kebutuhan Pemerintah Desa. Sehingga sesuai dengan tujuan BUMDes yakni meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Narasumber lainnya pada kegiatan tersebut, maestro dan sastrawan Brebes H. Atmo Tan Sidik, mantan Komisioner Komisi Yudisial 2010 – 2015 Prof. H. Taufiqurrohman Syahuri, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof. H. Absori, Wirausahawan / Dosen FEB UPS Tegal Prof. H. Tabrani, Guru Besar Universitas King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi Prof. H. Anton Saatria Prabuwono dan pemerhati sosial dan teknologi Mayor (Purn) H. Mukhtadi El Harry.

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed