oleh

Mahasiswa KKN UPGRIS Bimbing Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan

Kendal – Permasalahan sampah yang menumpuk dan di biarkan begitu saja, di khawatirkan dapat menimbulkan banyak permasalahan di kemudian hari seperti banjir, bau tidak sedap, dan bahkan dapat menjadi sumber penyakit.

Mahasiswa KKN UPGRIS mencoba mencari jalan keluar agar permasalahan tersebut dapat di minimalisir, serta mengurangi resiko yang akan terjadi terutamaapabila sampah plastik di buang begitu saja tanpa pengontrolan atau pengawasan.

Mahasiswa KKN UPGRIS mengadakan pelatihan pengolahan pemanfaat limbah sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang nantinya memiliki nilai jual. Pelatihan tersebut diikuti oleh ibu-ibu PKK dan dua orang perwakilan dari setiap RT sehingga berjumlah kurang lebih 60 orang. Pelatihan tersebut dilaksanakan di balai desa laban kecamatan Kangkung kabupaten Kendal, Kamis (6/2).

Terlihat antusiasme peserta ketika diajarkan bagaimana cara membuat kerajinan dari sampah plastik menjadi sebuah kerajinan yang menarik, seperti menjadi bunga, tas, dan tempat tisu. Sehingga nantinya dapat memiliki nilai jual dan menjadi sumber pendapatan buat warga desa.

Dengan di adakanya kegiatan tersebut, di harapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Serta mampu menumbuhkan hidup sehat dalam keseharian warga dan juga menumbuhkan kekreatifan dalam mengolah limbah plastik, menjadi bahan kewirausahaan dan menjadi pendapatan tambahan (RedG/Maulana A)

Komentar

Tinggalkan Komentar