oleh

Mahasiswa Ajak Anak Gonoharjo Hidup Sehat

Kendal -Mahasiswa KKN UPGRIS 2020 ajarkan perilaku hidup bersih dan
sehat kepada siswa-siswi SDN 3 Gonoharjo,  Kecamatan Limbangan,  Kabupaten Kendal dengan melakukan tata cara cuci tangan dan gosok gigi yang baik dan benar,  di halaman SDN 3 Gonoharjo, rabu (5/2).

Menurut Mahasiswa KKN Upgris  Lukman Setiawan, yang menjadi penanggungjawab kegiatan menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terutama anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan dimulai dari hal-hal kecil yang membawa dampak besar.

Sebanyak 60 Siswa melakukan  praktek cuci tangan dan gosok gigi bersama-sama di dampingi mahasiswa KKN dan Guru. sebelumnya anak-anak mendapat penjelasan bagaimana mencuci tangan dan gosok gigi dengan baik dan benar.

Kepala sekolah SDN Gonoharjo 3, Wiyoto mengapresiasi kegiatan ini.

“Pola hidup bersih memang harus di terapkan sejak dini untuk bisa menjadi sebuah kebiasaan yang akan berguna untuk kehidupan sehari-hari, karena sejauh ini kepedulian masyarakat untuk cuci tangan yang baik dan menggosok gigi  yang benar belum maksimal.” kata kepala sekolah.

Anak-anakpun menyambut dengan gembira dengan praktek mencucii tangan dan sikat gigi ini.

“Penjelasan dari kakak-kakak KKN cukup mudah dan menyenangkan, saya jadi tau cara mencuci tangan yang benar sebelum dan sesudah makan, dulunya saya cuma tau membasuh tangan dengan air saja sudah cukup, ternyata harus dengan sabun juga” ujar Alfiyan dengan antusias, siswi SDN 3 Gonoharjo.

Syaikhul Umam selaku kordes KKN desa Gonoharjo juga menuturkan bahwa kegiatan terlihat interaktif dilakukan di halaman sekolah SDN 3 Gonoharjo, karena sebelumnya siswa siswi disini belum pernah mendapat sosialisasi terkait PHBS, sehingga kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Mahasiswa KKN UPGRIS berharap setelah suksesnya acara sosialisasi PBHS ini bisa
menjadi salah satu ajang untuk pembelajaran dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan pencegahan berbagai penyakit menular yang umum terjadi, sehingga dapat tercipta masyarakat yang sehat dan bersih di kedepannya (RedG/Syaikhul)

Komentar

Tinggalkan Komentar