Solusi Taman Alternatif di Pemukiman Padat Kelurahan Muktiharjo Kidul

Semarang – Mahasiswa KKN UPGRIS 2020 melakukan  pelatihan dan pembuatan vertical garden di Gang RW VIII Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang (09/02/2020).

Kegiatan tersebut diikuti oleh kader PKK dan warga RW VIII Kelurahan Muktiharjo Kidul, Semarang. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk mengenalkan teknik menanam dengan cara vertical garden, sekaligus memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan limbah rumah tangga. Antusiasme peserta terlihat saat pelatihan dan pembuatan vertical garden. Kegiatan ini merupakan pengalaman pertama mereka mengenal dan membuat vertical garden.

Vertical garden merupakan taman yang dibangun pada bidang berdiri tegak lurus dengan tanah. Hal ini yang membuat taman ini disebut juga model taman dinding. Pada pelatihan dan pembuatan taman ini memanfaatkan barang-barang tidak digunakan lagi atau limbah rumah tangga seperti botol bekas air mineral.

“vertical garden merupakan taman alternatif unuk menghadirkantaman hijau yang ditata secara vertikal. Keberadaan taman ini sangat cocok pemukiman padat yang memiliki keterbatasan lahan, sehingga tidak bisa memungkinkan untuk mempunyai taman horizontal” Jelas Ade, selaku salah satu mahasiswa KKN sebagai pelatihan pembuatan vertical garden

Taman ini dapat digunakan untuk menanam tanaman baik tanaman hias, sayur-sayuran, maupun buah-buahan. Selain sebagai penghijauan ruangan, vertical garden juga dapat dipergunakan untuk memperindah ruangan.

“Kegiatan ini adalah pengalaman pertama kami mengenal vertical garden. Semoga melalui kegiatan ini yang diselenggarakan mahasiswa KKN UPGRIS dapat memberikan manfaat untuk warga Kelurahan Muktiharjo Kidul kususnya warga RW VIII” ujar Indah selaku Ibu RW VIII (tim KKN UPGRIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *