Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang Gelar Pelatihan Pemasaran dan Sosialisasi Bisnis Online bagi UMKM

Kendal  – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang bersama masyarakat Desa Tambahsari Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal mengadakan kegiatan pelatihan pemasaran dan sosialisai bisnis online. Kegiatan tersebut berlangsung  di Aula Balaidesa Tambahsari, Sabtu (01/02)

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi tentang pentingnya bisnis online untuk menjawab tantangan zaman yang semakin maju, segala kegiatan dilakukan secara online termasuk jual beli dan lain sebagainya. Maka dari itu mahasiswa KKN Univeritas PGRI Semarang mengelar kegiatan pelatihan tersebut.

Mahasiswa mengajak ibu PKK, karang taruna dan 35 pemilik UMKM ikut dalam pelatihan pemasaran dan sosialisasi bisnis online tersebut. Mahasiswa KKN UPGRIS mendatangkan narasumber yang berkecimpung dalam dunia IT sejak tahun 2000, Khoiriya Latifah, S.Kom., M.Kom adalah dosen Teknik Informatika di Universitas PGRI Semarang, dia menyelesaikan studi S1 dan S2 di UDINUS program studi Teknik Informatika pada tahun 2004 dan 2011. Pelatihan tersebut berlangsung sangat kondusif, meskipun diawal acara gerimis sempat mengguyur Desa Tambahsari namun semangat warga tidak pudar ketika narasumber mulai membuka materinya.

“Kami atas nama warga sangat berharap semoga pelatihan ini dapat membuka wawasan kami tentang pemasaran dan pengelolaan bisnis secara online,” kata Jiman selaku Kepala Desa Tambahsari.

Desa Tambahsari adalah desa yang memiliki kesenian yang beragam, selain itu olahan makanan yang bervariasi juga memperkaya potensi desa tersebut. Akan tetapi, minimnya edukasi mengenai pemasaran dan pengelolaan bisnis berbasis online masih menjadi kendala bagi desa ini. Berdasarkan hal tersebut mahasiswa KKN UPGRIS dibantu oleh perangkat desa mengadakan Pelatihan Pemasaran dan Sosialisai Bisnis Online (PERAN SONICE), guna meningkatkan potensi dan sumber penghasilan warga Desa Tambahsari.

E-commerce (electronic commerce) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan komputer lainnya. Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem E-commerce adalah dengan menggunakan E-commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.

“Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar), transaksi online yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media komputer dan tidak terbatas jarak dan waktu,” tutur Khoiriya mengenai manfaat E-commerce dalam dunia bisnis.
Selain itu manfaat menggunakan E-commerce dalam dunia bisnis adalah menurunkan biaya operasional (operating cost), melebarkan jangkauan (global reach), meningkatkan costomer loyalty, semakin banyak manusia yang beraktifitas di rumah sengan internet dan dapat mengurangi kemacetan, mengurangi pengangguran, meningkatkan daya kreatifitas masyarakat berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.

“Saya sangat mengapresiasi acara yang diadakan mbak dan mas KKN disini, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami pemilik usaha rumahan, apalagi untuk masalah pemasaran dan pengelolaan usaha kami ini agar bisa berkembang serta lebih baik lagi untuk kedepannya, apalagi ini dalam bidang online bisa menyebar luas dengan cepat,” kata Zuariyah pemilik UMKM. (RedG/Maritsa KN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *