oleh

Mahasiswa KKN Undip Susun Konsep “Desa Wisata” Mendelem

Pemalang-Pada hari Rabu (5/02) KKN Tim 1 Undip yang bekerja sama dengan DISPORAPAR Jawa Tengah melaksanakan program mengenai pengajuan Konsep Pengembangan Wisata Desa Mendelem yang dilaksanakan di Balai Desa Mendelem. Program tersebut berbentuk pemaparan konsep pengembangan wisata kepada perangkat desa, pengelola wisata yang telah ada dan berbagai elemen masyarakat yang dilanjutkan dengan FGD (Focus Group Discussion) sehingga mendapatkan konsep pengembangan wisata yang ideal bagi desa Mendelem.

 

Menurut Taufik Mahasiswa KKN Tim 1 Undip melihat peluang pengembangan wisata di Desa Mendelem sangat besar dengan potensi keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki desa tersebut. Saat ini salah satu objek wisata yang sudah ada di Desa Mendelem adalah wisata taman Rancah. Namun terlepas dari taman Rancah, Desa Mendelem masih memiliki banyak potensi wisata lainnya yang dapat di kembangkan seperti hutan Pinus dan kebun nanas. Melihat potensi-potensi tersebut, mahasiswa KKN tim 1 Undip melaksanakan suatu program penyusunan konsep pengembangan desa wisata bagi desa Mendelem.

“Saya setuju dengan konsep pengembangan yang telah dipaparkan, menurut saya pribadi konsep ini bisa terlaksana walau tidak mudah untuk mewujudkannya. Dan untuk mewujudkan suatu desa wisata dibutuhkan sinergisitas antar semua stakeholder yang terlibat seperti pengelola, masyarakat, pemerintah desa dan juga para pemuda desa. ” ujar Pak Eka selaku pengelola wisata Taman Rancah dalam menanggapi pemaparan konsep KKN Tim 1 Undip.

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip mengharapkan dengan adanya pengembangan di sektor pariwisata mampu menjadi faktor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Mendelem.(RedG/KH)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed