oleh

Luluk Nur Hamidah Sambangi Kecamatan Jatisrono, Ini Dia Agendanya

Wonogiri-Masyarakat Wonogiri berharap sinergi wakil rakyat terjalin agar program kementerian dan pemerintah pusat dapat dinikmati di Wonogiri. Seperti pembangunan sanitasi air bersih, kemudahan izin kelompok tani, penangkalan sedimentasi dan lain-lain. Sinergi dibutuhkan agar kemajuan daerah cepat terwujud.

Pernyataan itu terungkap dalam reses anggota DPR RI, Luluk Nur Hamidah (LNM), Rabu (28/10/2020). Ketua dai Wonogiri, Basarudin, menjelaskan kelompok tani sudah terbentuk namun izin belum dimiliki. Usaha yang dikembangkan sekarang adalah budidaya jamur, ternak kambing dan usaha tani lain.

“Mohon dibantu percepatan perizinan agar ekonomi dai terjamin,” ujarnya.

Warga Gunungsari, Jatisrono, Achmad Nasir mengusulkan pembuatan sanitasi air bersih pedesaan. Dia bercerita di Desa Rejosari, Jatisrono terdapat 250 kepala keluarga (KK) hingga 400 KK. Mereka membutuhkan air bersih sebagai sumber kehidupan.

“Keberadaan sanitasi air bersih di desa itu akan menghidupi warga di dua dusun tersebut,” jelasnya.

Hal hampir senada disampaikan Daryanto, warga Sumberejo. Dia menyatakan kerusakan lahan aliran irigasi pertanian masih terjadi. Aliran air mengalir ke Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri.

“Ada problem di Sumberejo mengenai kerusakan tanah irigasi pertanian dan kehutanan. Banyak ujung lereng jurang longsor dan menumpuk akhirnya mengalir ke WGM. Apakah kami harus membuat embung atau dam kendali agar lahan tidak semakin habis dan sedimentasi tidak memenuhi WGM,” bebernya.

Lebih lanjut dia mengatakan penanaman pohon akan mengurangi bencana alam tanah longsor.

“Bibit pohon buah, pembuatan embung akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Sekadar diketahui reses, anggota FPKB, Luluk Nur Hamidah di Dusun Sabuk, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono.

Di lokasi itu Luluk menyerahkan bibit lele dan pakan senilai Rp100 juta. Menanggapi aspirasi tersebut, Luluk, menyatakan usulan masyarakat akan dikoordinasikan dengan kementerian mitra Komisi IV.

Baca Juga  Launching Bank Sampah dan Jalan Sehat di Kelurahan Bulusari

“Di Wonogiri unik, kita ingin kerja dan menyejahterakan rakyat hanya masih bertemu birokrasi yang belum satu perjalanan. Pemerintah terbuka akan mempercepat kesejahteraan rakyat,” tegasnya.( red )

Komentar

Tinggalkan Komentar