oleh

Luluk Nur Hamidah Resmikan Rumah Produksi Kelompok Nelayan Restu Baruna di Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri

-Wonogiri-72 views

Wonogiri- Kelompok nelayan Restu Baruna yang beralamat di Dusun Gondang Tengah, Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri akhirnya mempunyai rumah produksi pengolahan ikan yang berlokasi di wilayah setempat. Peresmian tempat tersebut dilakukan Selasa, 5 Januari 2021 pukul 10.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Kelompok Nelayan Restu Baruna Katam Muheri beserta anggota dan Anggota DPR RI Komisi IV FPKB Luluk Nur Hamidah bersama rombongan.

Katam Muheri mengatakan Kelompok Nelayan Restu Baruna didirikan pada tahun 2016 dan saat ini telah memiliki 30 anggota.

Saat ini, Kelompok Nelayan Restu Baruna selain menangkap ikan di kawasan Waduk Gajah Mungkur juga melakukan pengolahan ikan patin menjadi makanan olahan seperti nugget, risoles, roti isi dan stik.

“Proses pengolahan ikan patin telah berlangsung selama 7 bulan, dikerjakan oleh ibu-ibu, sehingga menambah nilai ekonomis dari ikan patin hasil tangkapan anggota,” ujarnya.

Katam menuturkan ibu-ibu belajar membuat aneka olahan ikan tersebut secara autodidak.

Pemasaran masih menggunakan media sosial karena belum mempunyai PIRT.

“Salah satu syarat mempunyai PIRT adalah rumah produksi, hari ini kami bersama Mbak Luluk Nur Hamidah anggota DPR RI FPKB meresmikan rumah produksi,” katanya.

Katam berterimakasih atas bantuan Luluk Nur Hamidah berupa sarana dan prasarana guna meningkatkan produksi dan distribusi.

“Terimakasih atas bantuan sepeda motor roda tiga sebanyak tiga unit untuk mengangkut barang dagangan ikan dan hasil pengolahan ikan,” jelasnya.

Salah satu nelayan dari Dusun Bulusari, Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Dadang Setiawan mengucapkan terimakasih atas bantuan dua unit sepeda motor roda tiga bagi kelompoknya. Kedepan, dia bersama kelompoknya ingin membuat usaha wader presto.

Luluk Nur Hamidah menaruh harapan terhadap upaya yang telah dilakukan kelompok nelayan Restu Baruna selama ini.

Baca Juga  Patroli Bersinggungan Polsek Manyaran

Luluk berpendapat hasil olahan ikan patin tersebut sudah bagus.

“Sekilas yang dilihat, ini luar biasa sudah seperti profesional,” katanya.

“Semoga yang dilakukan bisa memberi semangat untuk tetap bisa bekerja, semoga bantuan ini bisa memberi manfaat bagi kelompok nelayan Restu Baruna dengan semangat gotong royong, dengan kebersamaan maka usaha akan menjadi lebih besar,” sambungnya.

Politisi yang akrab disapa Mbak Luluk tersebut mengatakan kepentingannya adalah memperjuangkan hak rakyat, nelayan dan petani.

“Kami ingin bekerja mengabdi sebaik-baiknya di Kabupaten Wonogiri meski banyak rintangan dan tantangan. Semoga kebijakan pemerintah daerah yang akan dilantik berpihak kepada nelayan dan petani di Kabupaten Wonogiri, kami selalu siap diajak membangun Wonogiri agar pertanian dan perikanan maju,” tegasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed