oleh

Luhut Uji Coba Alat Deteksi Covid-19 GeNoSe Buatan Anak Bangsa

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan uji coba langsung alat deteksi Covid-19 GeNoSe buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Hasilnya, ia dinyatakan negatif .

Luhut pun mengaku bangga dengan hasil karya anak bangsa ini. Pasalnya, dengan produk ini, menunjukkan bahwa bangsa Indonesia juga dapat berinovasi serta memberikan solusi bagi permasalahan pandemi Covid-19.

“GeNoSe ini menjadi satu kebanggaan Indonesia, karena alat ini merupakan asli buatan oleh anak bangsa. Alat GeNoSe menjadi solusi dari permasalahan alat screening dan diagnosis yang saat ini masih cukup mahal dan ketersediannya terbatas,” ucap Luhut usai melakukan tes Coved-19 menggunakan alat GeNoSe tersebut.

Ia pun memberikan apresiasi kepada tim GeNose Universitas Gadjah Mada yang telah menyiapkan dan bekerja keras dalam menciptakan inovasi ini.

“Saya berharap GeNose dapat segera menjadi alat tes yang digunakan secara luas oleh masyarakat dan dapat membantu pemerintah dalam melakukan upaya 4T,” tutur Luhut.

Sebagai informasi, alat GeNose ini dirancang untuk meningkatkan skrining Covid-19. Cara penggunaannya pun sangat sederhana, yakni cukup hanya dengan hembusan nafas saja sehingga memberikan rasa nyaman saat menggunakannya dan dapat digunakan di semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Penggunaan alat GeNoSe ini sendiri telah diakui oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan didukung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Rencananya, alat ini akan digunakan di transportasi umum untuk aktifitas perjalanan masyarakat mulai Februari mendatang.

Turut hadir dalam uji coba alat deteksi Covid-19 GeNose ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartyanto, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Staf Khusus Menko Marves Prof. Satryo Brodjonegoro, serta Tim GeNoSe Universitas Gadjah Mada Prof. Eko. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed