oleh

Luhut: Pemerintah Siapkan 4 Strategi Penanganan Covid-19

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, pemerintah telah meyiapkan empat strategi utama dalam pengendalian Covid-19.

Strategi ini, kata Lutuh, untuk mengejar tiga target capaian dalam penanganan pandemi Covid-19, yaitu menurunkan penambahan kasus harian, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan.

“Kita harus tingkatkan kembali strategi dalam penanganan Covid-19 untuk menyempurnahkan dan meningkatkan kedisiplinan dari berbagai cara yang telah dilakukan,” kata Lutuh dalam diskusi Penanganan Pandemi Covid-19 secara virtual, Kamis (4/2/2021).

Pemerintah pun, kata dia, tengah menyusun empat strategi utama yang akan dilakukan. Di antaranya adalah melakukan operasi perubahan perilaku yang diikuti kampanye protokol kesehatan secara sistematis di masyarakat yang melibatkan berbagai kalangan, serta melakukan deteksi awal penyebaran Covid-19 dengan mendorong strategi pemeriksaan (testing) dan pelacakan (tracing) yang agresif dan tepat sasaran.

“Kita berharap penyebaran informasi dan kampanye dapat bergerak secara masif dengan melibatkan berbagai lembaga lain, seperti Kemenag dengan mengajak pemuka agama, dan juga Kemendikbud,” ujarnya.

Strategi berikutnya, lanjut Luhut, yaitu menyiapkan tempat-tempat isolasi terspusat seperti Wisma Atlet untuk wilayah Jabodetabek. Dia pun menilai pemanfaatan Wisma Atlet di Jabodetabek ini sudah tepat sehingga dapat membantu mengurangi penyebaran penularan ke keluarga dan menurunkan keterisian rumah sakit.

Kendati demikian, lanjut Luhut, pemerintah juga telah mendorong provinsi dengan kasus positif yang tinggi agar juga menyediakan fasilitas isolasi terpusat.

“Manajemen perawatan juga akan terus kita tingkatkan, dengan memastikan adanya ketersediaan tempat tidur rumah sakit serta penyediaan semua obat dan alat yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Kemudian strategi selanjutnya adalah akselerasi vaksinasi Covid-19 yang dimulai dari tenaga kesehatan, pelayanan publik, kelompok rentan, dan juga daerah-daerah yang menjadi prioritas.

Baca Juga  Pemalang Mulai Serius Entaskan Kemiskinan Ekstrem

“Daerah yang dianggap prioritas adalah daerah yang memiliki positivity rate (angka positif) tinggi,” kata Luhut.

Sementara itu, terkait vaksin Covid-19, Luhut meyebutkan, bahwa sedang dalam proses pengerjaan.

“Kita harapkan target mencapai 70% herd immunity (kekebalan komunitas) dapat kita capai dalam jangka waktu 12 bulan,” pungkas Luhut. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar