oleh

Luhut Harap BPPT Perkuat Produk Inovasi Anak Bangsa

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menekankan, bahwa kemandirian teknologi terutama pada implementasi program prioritas nasional, seperti food estate, harus segera diperkuat. Apalagi dalam konteks penanganan pandemi Covid-19.

“Dengan adanya penanganan Covid-19 yang baik termasuk vaksin, maka pergerakan masyarakat dapat kembali seperti sedia kala,” kata Luhut dalam acara Rakernas Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Menurutnya, dengan berfokus pada pemanfaatan produk lokal, Luhut meyakini Indonesia dapat memiliki daya saing lebih dibandingkan produk impor. Apalagi, kata dia, ekonomi Indonesia diprediksi akan tumbuh 4-5% pada tahun 2021 ini.

Untuk itu, Menko Marves meminta kepada BPPT untuk terus melakukan reverse engineering pada teknologi kemaritiman dan transformasi digital dengan menambahkan sentuhan inovasi.

“Sesuai dengan arahan Presiden, BPPT dapat menjadi otak pemulihan ekonomi secara extraordinary (luar biasa) melalui berbagai inovasi dan teknologi sehingga dapat menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia,” tandasnya.

Saat ini, lanjut Luhut, pemerintah dan berbagai stakeholders terus mengembangkan berbagai produk teknologi dalam negeri. Seperti Alat Mesin Pertanian (alsintan), Refused-Derived Fuel (RDF) sebagai teknologi untuk pengolahan sampah, serta teknologi implementasi aspal plastik.

Berbagai teknologi ini, kata dia, akan terus diinovasikan agar produk dalam negeri semakin berkembang.

“Kemenko Marves akan mendukung melalui koordinasi aturan hukum dan pendanaan yang dibutuhkan untuk menguatkan peran BPPT. Sehingga dapat menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi maju,” ungkapnya.

Kendati demikian, tambah Luhut, untuk dapat memajukan teknologi serta inovasi di Indonesia, perlu kerja yang berani dan kompak.

“Banyak orang pintar di negeri ini, sehingga kita harus bekerja sama dan bekerja dengan hati untuk negeri tercinta,” pungkasnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar