oleh

Luapan Sungai Pemali, Rendam 16 Hektar Wilayah  Dukuh Bayur Jatibarang 

Brebes –  Pemukiman dan areal persawahan warga Dukuh Bayur, Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah merupakan salah satu langganan banjir. Hujan dengan intensitas tinggi pada, Kamis pagi (21/4/2022) menyebabkan meluapnya Sungai Pemali.

Berdasarkan informasi dari Danramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes, Kapten Arhanud Suryadi SH menjelaskan, Air mulai masuk ke wilayah Dukuh Bayur sekira pukul 04.00 WIB. Untuk dampak terparah di Dukuh Bayur yaitu di RT. 11, RT. 13, RT. 14, dan RT. 15, dengan genangan air setinggi kurang lebih 45 cm.

“Untuk kerugian materiil akibat banjir kali ini ditaksir mencapai Rp. 65 juta, akumulasi dari tanaman bawang, padi, dan palawija milik warga setempat di lahan seluas kurang lebih 16 hektar,” bebernya.

Kondisi terbaru yakni air mulai bergerak surut, untuk ketinggian air di pemukiman mencapai 20 cm. Namun jika wilayah Brebes selatan hujan deras lagi maka banjir langganan bisa terjadi lagi.

Warga berharap pihak terkait segera merespon banjir langganan itu karena di wilayah Dukuh Bayur memang tidak ada tanggul Kali Pemali. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar