oleh

Lomba Mewarnai Gambar Wayang dalam Peringatan Hari Wayang Dunia 2019

Surakarta – Guna mengenalkan wayang sejak usia dini, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta mengadakan lomba mewarnai gambar wayang dalam peringatan Hari Wayang Dunia 2019 , Minggu, 3 November 2019 mulai jam 09.00 WIB di Pendapa GPH. Djoyokusuma ISI Surakarta, Kentingan.

R. Adi Prabowo, M.Sn (Koordinator kegiatan) mengatakan kegiatan kreatif tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan wayang kepada generasi milenial, sehingga mendekatkan jiwa dan pikiran anak pada kearifan lokal, sehingga bisa mengapresiasi dalam nilai-nilai budaya tradisi ke dalam kehidupan.

“Lomba mewarnai wayang berupa tokoh Pandawa dalam media kertas ukuran A3 ini diikuti sekitar 100an peserta anak usia 7 tahun ke bawah,” ujarnya.

Dia menjelaskan lomba tersebut dibuka oleh Dr Sugeng Nugroho, S.Kar., M.Sn sebagai Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta.

“Kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian dalam Peringatan Hari Wayang Dunia 2019 Institut Seni Indonesia, Surakarta, yang terdiri dari beragam lomba, pameran seni rupa, seminar, dan pertunjukan wayang yang dimulai dari Senin – Rabu, 4-6 November 2019,” bebernya.

Dia menambahkan selain itu juga dipentaskan pentas Wayang Dongeng oleh Ki Deres Sugiyono, S.Sn dari Sanggar Panji Wulung, Wonogiri disela-sela pelaksanaan lomba.

“Lomba mewarnai yang memperebutkan juara 1,2,3 dan harapan 1,2, dan 3 ini akan mendapatkan piala, bingkisan, dan piagam ini diharapkan untuk nantinya sejak usia dini sudah mengenal seni tradisi berupa wayang,” tegasnya.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar