oleh

Loka Karya Mini Puskesmas Pracimantoro

Wonogiri- Rabu(8/8) bertempat di Aula UPTD Puskesmas Pracimantoro I Kecamatan Pracimantoro dilaksanakan kegiatan Lokakarya Mini Tribulan Ketiga Bidang Kesehatan UPTD Puskesmas Pracimantoro I Kecamatan Pracimantoro yang kurang lebih 25 orang.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pracimantoro Warsito, Danramil 13/Pracimantoro yang diwakilkan kepada Pelda Suef, Kapolsek Pracimantoro AKP Dwi Krisyanto, Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro I dr. Dwi Cahyo Indrianto, Kepala Desa wilayah kerja UPTD Puskesmas I Pracimantoro, Kepala UPT Dinas / Instansi tingkat Kecamatan Pracimantoro dan Tokoh masyarakat.

Sambutan Camat Pracimantoro Warsito menyampaikan kegiatan Puskesmas Pracimantoro I selalu bekerja sama dengan Forkompicam Kec. Pracimantoro, bangunan UPTD Puskesmas Pracimantoro I akan dibangun mohon Doa restu agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar, Kepada Kepala Desa supaya memberikan informasi kepada warganya apabila ada warganya yang mau berobat, bahwa Puskesmas pelayanan kesehatan akan pindah sementara dan semoga UPTD Puskesmas Pracimantoro I dapat lebih baik dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Penyampaian Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro I Kecamatan Pracimantoro dr. Dwi Cahyo Indrianto antara lain Wilayah kerja UPTD Puskesmas Pracimantoro I adalah 12 Desa se-Kec. Pracimantoro meliputi Desa Sumber Agung, Desa Sambiroto, Desa Joho, Desa Pracimantoro, Kelurahan Gedong, Desa Sedayu, Desa Trukan, Desa Tubokarto, Desa Lebak, Desa Gebangharjo, Desa Glinggang dan Desa Wonodadi.

Ditambakannya, kegiatan Lokakarya Mini Tribulan Ketiga Bidang Kesehatan dilaksanakan untuk mengevaluasi program kerja UPTD Puskesmas Pracimantoro I yang telah dilaksanakan dan rencana kerja pada tahun 2018. Program Kesehatan antara lain PIS-PK (Program Indonesia Sehat – Pendekatan Keluarga), sudah 4 Desa, September tambah 1, Desa Gebangharjo. GERMAS terus disosialisasikan, rencana MoU dengan TP PKK Kecamatan. Posbindu PTM, sudah 4 desa, 2019 tambah 2 Desa yaitu Sambiroto & Lebak serta Pos UKK (Upaya Kesehatan Kerja) ada 1 di Sumberagung, direncanakan sosialisasi dan pembentukan pos UKK di Tubokarto.

Baca Juga  Kadispenad: Peran Media Sosial Dalam Pembangunan Kekuatan TNI AD yang Tangguh dan Dicintai Rakyat

Peran lintas sektoral terhadap Puskesmas adalah peran evaluasi. Membantu mengevaluasi kegiatan yang berkaitan dengan perannya di dalam program puskesmas. Misalnya, kegiatan pada pokja UKM imunisasi. Maka lintas sektor dapat membantu mengevaluasi capaian, kendala dan membantu memecahkan masalah.

Peran informasi memberikan informasi perkembangan di masyarakat atau di populasinya mengenai perkembangan kegiatan puskesmas. Peran supervisi. Membantu puskesmas dalam mensupervisi. Peran inovatif. Membantu puskesmas dalam menemukan ide untuk pengembangan inovatif kegiatan puskesmas dan Peran partisipatif. Peran ini mencakup segala hal berkaitan dengan keikutsertaan lintas sektor dalam semua kegiatan pusksemas.(RedG).

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed