oleh

Living the Dream for a Better future dalam Simultan Ikhlasgama 2022

Pemalang – Simultan “Simulasi SBMPTN Tingkat Nasional”, merupakan ajang Try Out berbasis ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Simultan Pemalang 2022 diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Pemalang Ikhlas Gadjah Mada (IKHLASGAMA) dan bekerja sama dengan OSIS MPK SMA N 1 Pemalang.

Salah satu kegiatan dari Simultan yaitu Webinar dan Talkshow Motivation dengan tema: Living the Dream for a Better future” dan Tryout Online Simultan dengan Neutron Pemalang.

Webinar dan talkshow dilaksanakan secara online malalui zoom meeting pada Sabtu, 22 Januari 2022, pukul 07.30-11.50 WIB. Webinar ini diikuti oleh 141 peserta yang terdiri dari berbagai pelajar SMA/SMK di Kabupaten Pemalang.

Terdapat dua MC dalam Webinar dan Talkshow ini, yaitu Maftuhatus Sadiyah dan Muhammad Mahdi yang keduanya merupakan mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada. Serta satu moderator yaitu Ahmad Bikhari Hakim mahasiswa Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM 2019.

Webinar dan talkshow ini terdapat tiga pembicara yaitu pembicara 1 (Hamam Alfarabi Nur Azini – Mahasiswa Program Studi Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro) , Zahid Azmi Ibrahim – Educational Content Creator on Youtube and Student of Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang), Lalu pembiacara 3 (drg. Dian Palupi – Alumni Kedokteran Gigi UGM dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Pemalang).

Webinar dan talkshow ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sharing dan tanya jawab.

Selain itu acara ini juga diramaikam dengan penampilan spesial dari The Brugboys, Paduan Suara Mahasiswa UGM, dan Bintang Mahabayu.

Sambutan Pak Arif Setiawan selaku ketua Kagama Pemalang dalam webinar dan talkshow Simultan:

Simultan untuk menghadapi SBMPTN yang dilaksanakan oleh Ikhlasgama. Ikhlasgama juga disebut sebagai Kagama atau Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, dimana anggotanya adalah mahasiswa atau alumni dari UGM. Sukses untuk panitia dalam acara Webinar dan Talkshow Simultan ini.

Baca Juga  Peduli Energi DEM Semarang Persembahkan Kampung Energi

Pendapat Ahmad Bikhari Hakim selaku moderator dalam acara ini:

Lewat webinar ini, kita jadi mendapat banyak pencerahan terkait bagaimana masuk kampus dan kehidupan di kampus. Baik pembicara satu yg berkenaan mimpi bagaimana masuk kampus tujuan, pembicara dua mengenai menyikapi hal produktif pada masa kuliah, dan pembicara tiga berkenaan dengan melihat kesehatan dari sisi mahasiswa. Dari tiga pembicara ini banyak manfaat yang bisa diambil. Tujuan dan harapannya semoga pelajar di Pemalang untuk senantiasa berjuang memaksimalkan potensinya meraih mimpi di kampus impian.

Sedangkan pendapat menurut Annisa Nurul Amalia selaku ketua acara dalam webinar dan talkshow Simultan:

Webinar dan Talkshow Motivation Simultan Pemalang 2022 yang dilaksanakan hari ini sangat menyenangkan dan sesuai dengan harapan. Webinar ini telah menghadirkan pembicara-pembicara terbaik dan moderator yang sangat berpengalaman dengan mengangkat topik pembahasan yang sejalan dengan tujuan kami yaitu sebagai bentuk kontribusi untuk bumi pertiwi ini dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan Indonesia khususnya di Kabupaten Pemalang. Harapannya acara ini dapat menjadi kebermanfaatan untuk teman-teman.

Pada hari berikutnya dilanjutkan kegiatan Tryout Online Simultan Pemalang 2022”.  Bentuk dari kegiatan ini adalah Tryout Online yang bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Neutron Pemalang. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi yaitu Tryout & Pembahasan. Tryout ini dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Januari 2022, Waktu 07.00-15.00 WIB, kegiatan dilaksanakan dengan platform Tryout Neutron Pemalang dan pembahasan melalui Zoom meeting. Target peserta pada Tryout Online ini adalah pelajar yang berencana melanjutkan studi ke Universitas dan pelajar yang ingin mendapatkan pengetahuan mengenai gambaran pelaksanaan UTBK sebagai sarana belajar. Tryout simultan ini diikuti oleh 253 peserta, dimana 166 peserta mengerjakan tryout online saintek dan 87 peserta mengerjakan tryout online soshum. Hasil tryout Simultan Ranking 1 Soshum didapatkan oleh Candra Wijaya dari SMA Negeri 1 Pemalang dan Ranking 1 Saintek didapatkan oleh Muhammad Rizky dari SMA Negeri 1 Palembang.

Baca Juga  Ketua PCNU: INISNU Beda dengan Perguruan Tinggi Lain

Berikut pendapat Muhammad Rizky terkait dengan Tryout Simultan:

Menurut saya soal try outnya mantap dan bisa dibilang setipe dengan UTBK tahun 2021. Cuma beberapa subtes si jumlah soalnya nggak sesuai dengan ketentuan UTBK sekarang. Tapi soalnya mantap apalagi yang kimia. Kalo untuk manfaat yang pastinya bisa mengukur sejauh mana kemampuan dan persiapan dalam menghadapi UTBK nanti. Terakhir, untuk saran itu semoga ke depan Simultan Pemalang lebih baik lagi, nggak hanya soal yang setipe tapi juga sudah mengikuti ketentuan UTBK terbaru. (RedG)

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed