oleh

Literasi Wonderland SMA 2 Pemalang, kerjasama dengan Bimbel Duta Membentuk Siswa Melek Literasi

Pemalang – Puluhan Siswa kelas X  ikuti kegiatan Literasi Wonderland yang digelar Organisasi Literasi SMA Negeri 2 Pemalang, Sabtu, (9/9/2023). Kegiatan ini bertujuan membentuk jiwa berliterasi (berpengetahuan) bagi generasi muda khususnya pelajar.

“Agar seluruh siswa-siswi yang ada di seluruh Indonesia itu mengembalikan jiwa berliterasi dan  bisa menciptakan sebuah karya, karena Indonesia itu terkenal dengan sebuah karyanya dan juga budayanya kalau misal budaya Indonesia hilang Indonesia bakal jadi apa, generasi-generasi penerus Indonesia itu ya kita ini para pelajar yang ada di Indonesia.” kata Duta Literasi SMA N 2 Pemalang, Aliyyu Syatta Bani.

Penyelenggara acara yakni Organisasi Literasi ini, kata Aliyyu diharapkan mampu menjadi pelopor pembangunan di bidang budaya. Pemilihan nama acara terinpirasi dari pembina. Menurut Aliyyu, Literasi Wonderland memiliki makna keindahan, selain itu, pemilihan bahasa Inggris bermaksud agar peserta kegiatan lebih mengenal banyak bahasa dan budaya.

Kegiatan Wonderland literasi di SMAN 2 Pemalang

 

“Organisasi Literasi SMA negeri 2 Pemalang menjadi pelopor untuk pembangunan bangsa gitu ya kenapa memilih judulnya Literasi Wonderland. Wonderland itu adalah keindahan, pembina literasi sendiri guru bahasa Inggris kenapa kita namai literasi Wonderland karena kita tidak hanya berbahasa Indonesia ataupun berbahasa Jawa,  kita juga harus menguasai berbagai bahasa negara. Materi budaya tidak hanya budaya Jawa ada budaya Sunda, Batak dan lain sebagainya kita pelajari dan kita keluarkan kepada anak-anak SMA negeri 2 Pemalang untuk mempelajari bahasanya. Imbuhnya.

Sedangkan untuk anggaran penyelenggaraan kegiatan didukung oleh Bimbel Duta Pemalang. Dipilihnya Bimbel Duta Pemalang sebagai sponsorship, kata dia, karena Bimbel Duta dilihat dari biaya program bimbingan belajar (bimbel nya) terjangkau. Alliyu berharap rekan – rekannya bisa tertarik mengikuti bimbel yang ada di Bimbel Duta Pemalang.

Baca Juga  Tanjungsari Jadi Kampung Pancasila

“Karena kita benar-benar butuh dana banyak gitu kita ngambil sponsornya ke Bimbel Duta, dengan adanya bimbel duta Pemalang ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu dan ingin belajar. Kebanyakan bimbel-bimbel harganya itu sangat mahal, makanya semoga dengan adanya bimbel duta menyeponsori kegiatan Literasi Wonderland ini teman-teman akan tertarik untuk belajar di Bimbel Duta karena bimbel duta ya alhamdulillah sangat baik untuk karyawannya ataupun pimpinan dan materi-materinya juga itu sangat mudah dipahami juga mentor-mentor di sana eh sangat aktif dan kreatif. Kata Aliyyu.

Sementara itu, Regional Manager Bimbel Duta, Laksana Estika mengatakan pihaknya berkontribusi sebagai sponsor untuk mendukung kegiatan trsebut. Bimbel Duta Pemalang berkantor pusat di Bekasi. Sedangkan di Pemalang sudah 7 tahun, terdapat 2 kantor yakni di Jalan Sindoro Mulyoharjo dn di Banjardawa Taman.

“Hari ini di SMA Negeri 2 Pemalang ini kami memberikan kontribusi sebagai sponsorship, jadi di SMANDA (baca: SMA Negeri Dua) ini ada beberapa organisasi salah satunya yaitu organisasi literasi yang mengadakan kegiatan Literasi Wonderland , Bimbel Duta sendiri kan pusatnya di Bekasi nah kalau di Pemalang itu ada 2 cabang yaitu di Bimbel Duta cabang Pemalang itu tempatnya di Jalan Sindoro Mulyoharjo dan cabangnya lainya Bimbel Duta Cabang Taman di Banjardawa.

Menurut estika, bimbel Duta adalah bimbingan belajar SD, SMP, SMA dan Umum yang juga menyediakan kursus online dan bekerja sama dengan perusahaan, pemerintah dan beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Selain itu, terdapat program sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Microsoft Office.

“Program Kita sebenarnya yaitu bimbingan belajar dan memang sudah berjalan di Pemalang sekitar 7 tahun. Selain itu, ada brand yang bernama Duta Akademi yaitu sebenarnya basic-nya kursus online dan kita juga kerja sama dengan pemerintah untuk program kartu pra kerja nah dengan sejak berdirinya duta akademi sendiri ini sudah ada siswa atau peserta yang ikut pelatihan di bimbel duta itu lebih dari 30.000 peserta” kata Estik.

Baca Juga  H. Junaedi Ajak UMKM Pemalang Produksi Masker 

“Banyak perusahaan maupun kampus-kampus yang bekerjasama dengan kita seperti kampus UNP atau universitas negeri Padang, UPI, dan beberapa BUMN dan juga Ajinomoto, kami mempunyai program untuk sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Microsoft Office yang berguna bagi orang-orang untuk bisa menunjukkan kompetensinya” imbuhnya. (RedG/TS)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar