oleh

Lima Mahasiswa UM Loloskan LALA AND LILO ke Pimnas 2019 di Udayana Bali

Malang – Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dari berbagai fakultas dan jurusan yang bergabung dalam tim Zenius yaitu Alif Hanifatur Rosyidah (Sastra Inggris), Hafizah Islami Rahmadina (ekonomi),

Indra Nurdien Hakim (teknik elektro),
Nilna Almunaa Brilliarahma Herman to (Desain Komunikasi Visual) serta
Rifki Fajar Fitri Anto (Teknik Elektro) melalui program LALA and LILO mampu lolos maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 2019. PIMNAS yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) akan digelar di Universitas Udayana pada 27-30 Agustus mendatang.

Tim Zenius ini paham ketika diakuinya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, sehingga penting untuk dipelajari oleh setiap negara termasuk di Indonesia. Akan tetapi kemampuan berbahasa Inggris masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Berawal dari keprihatinan inilah tim Zenius Uyang bergabung dalam “Lala and Lilo Project” membuat sebuah inovasi dalam pembuatan media pembelajaran bahasa Inggris.

“Kita tahu, bahasa inggris sudah masuk dalam kurikulum pendidikan di negeri kita. Itu artinya, kurang lebih sudah 12 tahun kita belajar Bahasa Inggris. Tapi kemampuan bahasa Inggris masyarakat di negara kita masih tergolong rendah. Ternyata salah satu faktornya mengapa bisa rendah (kemamampuan bahasa Inggris) karena pembelajaran yang tidak dimulai sejak usia dini.” Ujar Rifky Fajar.

Tim ini menciptakan inovasi metode pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia prasekolah. Dalam buku ini, anak-anak TK dan Prasekolah tidak hanya sekedar belajar reading, tetapi juga bisa belajar speaking dan listening sekaligus.

Hingga saat ini, Buku LALA AND LILO karya mahasiswa Universitas Negeri Malang ini telah berhasil dijual hingga lebih dari 200 eksemplar dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Baca Juga  Atlet Proliga Bank Sumselbabel Promosikan Pariwisata Bumi Selawang

“Alhamdulillah buku ini sangat diminati oleh para orangtua dan juga TK. Sehingga dalam kurun waktu yang singkat, sudah terjual leboh dari 200 eksemplar buku.” Kata Alif, selaku ketua tim.

Poster dari Tim Zenius UM sebagai salah satu persiapan menuju Pimnas 2019

Hingga saat ini, seri satu dari buku cerita LALA AND LILO telah diproduksi secara massal. Di pertengahan bulan agustus nanti, seri kedua dari buku ini juga akan segera terbit, dan disusul dengan 14 varian tema lainnya yang akan terbit menyusul pula. Adapun harga yang dipatok setiap 1 bukunya yakni senilai Rp 80.000.

Harapan kedepannya, kelompok ini dapat terus menciptakan variasi variasi cerita, dan tetap memproduksi secara massal. Sehingga, bisa terus mendukung proses belajar anak di bidang bahasa.

Untuk itu, Tim Zenius UM terus melakukan persiapan mulai dari presentasi hingga poster, agar dapat tampil optimal di hadapan dewan juri serta kawan lawan mereka.

“Lolosnya ke PIMNAS adalah suatu amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka kami akan berjuang dengan maksimal demi harumnya almamater UM tercinta”, jelas Fajar. (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar