Wonogiri- Dalam rangka membangun, membina dan menanamkan jiwa disiplin serta karakter bangsa yang luhur dan kuat SMK N 1 Kismantoro menggandeng Koramil 20/Kismantoro, untuk membentuk sikap, mental dan moral para siswa dalam konteks Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang nantinya diharapkan dapat membentengi siswa dari pengaruhan-pengaruh negatif dan paham-paham yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila, Kamis(11/10).

 

Dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ini diikuti oleh 45 siswa-siswi SMK N 1 Kismantoro yang merupakan anggota pengurus OSIS dengan diisi materi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara(PPBN) dengan sasaran lingkungan pendidikan oleh Batituud Koramil 20/Kismantoro Pelda Suwatno yang dilaksanakan di aula SMK N 1 Kismantoro.

Pelda Suwatno mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan sebagai wahana untuk membentuk jiwa kepemimpinan siswa masih berada di bawah kualitas standar. Banyak siswa mengikuti OSIS namun belum mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik dan melalaikan tanggung jawab pengurus OSIS dalam menjalankan amanahnya. Sikap kepemimpinan merupakan sebuah proses yang terus menerus dipelajari dalam tahapan menjadi seorang pemimpin.

“Generasi muda harus mampu membentengi diri dari pengaruh-pengaruh negatif serta faham Radikal maupun faham-faham lainnya yang bertentangan dengan Idiologi Pancasila. Jangan mudah terhasut oleh berita-berita yang akan menjerumuskan, kaji setiap informasi yang kita terima jangan kita telan mentah-mentah yang akhirnya merugikan diri, keluarga maupun sekolah terlebih bagi orang lain, moral generasi muda harus tetap pada jalur koridor yang sesuai aturan dan kepribadian bangsa yang bermartabat, santun dan disegani,” tambahnya.

Kepala Sekolah SMK N 1 Kismantoro Suhari menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Koramil yang senantiasa membantu sekolahnya dan berharap dengan adanya kegiatan LDK ini peserta didik lebih baik sikap dan mentalnya serta meningkatnya disiplin, dan dengan LDK ini siswa menjadi terarah terutama menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air. (RedG)

Tinggalkan Komentar