oleh

LAPENKOP Jadi Mitra Strategis  Secretaria de Estado De  Cooperativas Timor Leste 

Bandung – Lembaga Pendidikan Perkoperasian Dewan Koperasi Indonesia (LAPENKOP DEKOPIN) menandatangani nota kesepahaman dengan SE COOP Secretaria De Estado De Cooperativas (Kementerian Koperasi) Timor Leste, Selasa 2 Maret 2021 melalui media meeting virtual penandatanganan dilakukan secara digital, daring dikantor masing-masing lembaga.

Lapenkop sebagai lembaga teknis Dekopin yang berpengalaman dan konsen terhadap pemberdayaan organisasi dan usaha koperasi, khususnya pada peningkatan partisipasi anggota Koperasi di Indonesia diminta menjadi mitra dalam menumbuhkembangkan perkoperasian di Timor Leste. Sebagai  salah satu fungsi Dekopin yakni edukasi, Lapenkop terus fokus dalam memberikan pelayanan terhadap gerakan koperasi yang kaitannya dengan peningkatan kapasitas SDM perkoperasian.

Dilangsir dari media SE COOP kerjasama ini dilatarbelakangi dari kemitraan yang sudah lama terjalin dimana Lapenkop menjadi fasilitataor dalam kegiatan pelatihan perkoperasian di Timor Leste.

Saya ucapkan selamat datang, selamat berkoperasi, karena awalnya berkoperasi maka cooperation, dari Secretaria De Estado De Cooperativa selalu berpegang pada prinsip Internasional koperasi (ICA), yakni prinsip ke enam maka kita menjalin hubungan intercooperation dengan siapa saja yang memiliki kemampuan dan inisiatif dalam membangun bidang perkoperasian terutama di Timor Leste, di Asia dan di seluruh Dunia, karena SE COOP sudah menjadi anggota ICA jadi kita membuka diri untuk semua institusi yang sudah memiliki pengalaman agar memberi kita inspirasi agar kita mendapat referensi yang baik untuk mengembangkan koperasi di Timor Leste, maka dengan ini kami menilai Lapenkop salah satu institusi yang ahli dan dapat memberikan yang terbaik atas maksud dan tujuan kami.” Ujar Dr. Elizario Ferreira, MM. (Menteri Koperasi Timor Leste) dalam sambutannya.

Kegiatan penandatanganan tersebut juga dihadiri oleh seluruh kepala Dinas yang membidangi Koperasi di Timor Leste.

Baca Juga  Warga Mengamuk Menimbulkan Keresahan

Selaras dengan maksud dan tujuan yang disampaikan oleh Dr. Elizario Ferreira, MM. (Menteri Koperasi Timor Leste), Direktur Lapenkop Dekopin menyampaikan bahwa visi utama Lapenkop yakni “Menjadi mitra terpercaya menuju gerakan koperasi yang mandiri” kerjasama ini disambut dengan baik dan mengharapkan terwujudnya penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan konsultasi secara terkoordinasi, terencana, terukur, dan tertib sesuai kebutuhan yang dinamis sehingga terwujudnya peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM Koperasi di Timor Leste.

Melalui penandatanganan kesepahaman ini diharapkan agar penerapan prinsip koperasi melalui kerjasama antar koperasi menjadi budaya dalam meningkatkan kapasitas pengelola, potensi anggota serta menjalin kemitraan bisnis koperasi sehingga koperasi memiliki market share yang luas. (RedG/kontributor Eka)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed