Wonogiri – Puluhan lansia dari Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta melakukan kegiatan rutin Senam Prolanis di Istana Parnaraya, Rabu (24/10) pagi. Mereka tergabung dalam wadah lansia Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Purwodiningratan.

 

Selama 30 menit mereka dengan antusias melakukan senam tersebut dengan dipimpin 2 instruktur.

Menurut Ketua Prolanis Sutrisno (68) mengatakan acara senam di Istana Parnaraya tersebut merupakan ide dari salah satu anggota. Kepopuleran bangunan milik Suparno Parnaraya tersebut membuat para anggota lain menyetujui ide tersebut.

“Bangunannya megah unik, seperti museum dan ini kunjungan kami yang pertama ,” ujarnya.

Pensiunan PNS tersebut menuturkan Prolanis berdiri sejak 5 tahun lalu dan memiliki 60 anggota. Berfokus mengenai penyakit Hipertensi dan Diabetes Militus.

“2 penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan namun bisa dicegah dengan pengobatan rutin, kami melakukannya setiap sebulan sekali,” jelasnya.

Suparno Parnaraya yang juga hadir dalam acara tersebut memberikan sambutan di hadapan para lansia di ruang dalam Istana.

Suparno menceritakan soal sejarah pembangunan Istana Parnaraya dan bagaimana perkembanganya dalam memberi kontribusi kepada para lansia dan pemerintah Kabupaten Wonogiri.

“Dari tiket sedekah kita sudah bisa membantu santunan 600 lansia di 4 kecamatan setiap bulan dan 10 persen kita serahkan kepada pemkab melalui porporasi,” terangnya.

Dihadapan lansia, pria sederhana ini juga membagi resep hidup sehat yang baru-baru ini dijalaninya.

“Konsumsi jus buah tanpa gula, nasi putih diganti beras merah, kurangi minyak dan konsumsi kolang-kaling bagus untuk menurunkan gula darah, kolestrol dan bagus bagi persendian ,” bebernya.

Terkait kegiatan senam wisata tersebut, Suparno menjelaskan dia merasa salut dengan semangat kebersamaan para lansia Prolanis.

“Semangat mereka luar biasa dalam kebersamaan dan silaturahmi, semoga kita selalu dalam keadaan sehat,” tutupnya. (RedG)

Tinggalkan Komentar