oleh

Lahan Demplot Kodim Pekalongan Diharapkan Menjadi Spirit Tingkatkan Produktivitas Padi Di Pekalongan

Pekalongan – Upaya Kodim 0710/Pekalongan dalam mendukung program ketahanan pangan terus dilakukan, salah satu upaya tersebut diantaranya adalah dengan mengadakan lahan Demplot ( Demonstration Ploting) atau lahan percontohan.

Seperti yang baru dilaksanakan pada Senin, 20 Juli 2020 pagi, Dandim 0710/Pekalongan dengan didampingi oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko mengadakan panen raya di lahan Demplot yang berada di area persawahan Desa Tanjungsari Kecamatan Kajen.

Dijelaskan Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto pada kesempatan tersebut bahwa, panen raya yang dilakukan di lahan Demplot tersebut adalah salah satu upaya pemberdayaan potensi wilayah yang ada di kabupaten pekalongan dengan harapan bisa mendukung program swasembada pangan nasional.

“ Kodim 0710/Pekalongan terus akan mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan ini, dan kita berharap sinergitas antara TNI, Polri dan Pemda akan mewujudkan Kabupaten Pekalongan ini menjadi lumbung padi sehingga surplus padi di Pekalongan khususnya juga akan terus meningkat”jelas Dandim.

Ditambahkan Dandim Arfan, adanya Demplot yang dilakukan ini juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat sehingga hasil panen padi di pekalongan juga akan terus meningkat dan kesejahteraan petani akan terwujud.

Sementara itu, apresiasi juga disampaikan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam kesempatan yang sama, Bupati berharap dengan adanya Demplot yang dilakukan oleh TNI khususnya Kodim 0710/Pekalongan akan bisa menjadi spirit bagi masyarakat pekalongan dalam meningkatkan produktivitas padi.

“ Saya sangat berterima kasih sekali pada TNI khususnya Kodim Pekalongan yang telah memprakarsai projek Demplot ketahanan pangan, mudah-mudahan ini bisa menjadi spirit kita untuk terus meningkatkan produktivitas padi di pekalongan”tandasnya.

Diketahui untuk produktivitas padi di wilayah pekalongan rata-rata panen mencapai 9 ton/ha dan di tahun 2019 kurang lebih mencapai 98 ribu ton, dengan adanya upaya serta inovasi-inovasi yang dilakukan TNI bersinergi dengan Pemda dan Polri saat ini diharapkan akan terus meningkat produktivitasnya.(Rus)

Komentar

Tinggalkan Komentar