oleh

KSOP Khusus Batam Siapkan Posko Terpadu Natal Dan Tahun Baru

Batam – Dirjen Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam telah mempersiapkan sejumlah persiapan untuk Natal dan Tahun Baru. Beberapa posko terpadu telah didirikan untuk para pemudik.

Kepala Kantor KSOP Khusus Batam Herwanto mengatakan, sejak tanggal 18 Desember 2020 sampai dengan 18 Januari 2021 (H-7 hingga H+7) telah mendirikan posko terpadu. Mereka sambungnya, telah berkordinasi dengan beberapa stekholder untuk pengamanan selama arus mudik dan arus balik Natal dan Tahun Baru.

“Ketiga pos yang sudah dibangun di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batu Ampar dan juga Punggur,” kata Hermanto kemarin.

Menurutnya, pos pelayanan yang dibangun ini gunanya untuk melayani masyarakat khususnya penumpang angkutan laut. Kata dia, masyarakat atau calon penumpang apabila ada himbauan atau keluhan segera menyampaikan ke posko atau petugas yang ada di lapangan.

Tidak hanya itu saja sambungnya, mereka terus memantau tidak hanya keamanan penumpang saja, tapi juga saat ini fokus menjadi protokol kesehatan. Ia menghimbau agar masyarakat memiliki kesadaran untuk protokol kesehatan.

“Fokus utama kami saat ini juga ialah protkes, bagaimana kita bisa menekan angka pencegahan Covid-19 khususnya di pelabuhan,” paparnya.

Akibat adanya pandemi Covid-19, penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru lebih ditekankan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan penumpang, awak kapal, dan petugas posko dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Para penumpang dan petugas baik di kapal dan pelabuhan wajib menerapkan 3M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan.

“Di pelabuhan kami juga sediakan fasilitas cuci tangan dan penerapan jaga jarak. Kami tetap mengutamakan protkes dan ini menjadi prioritas kami di pelabuhan,” ucapnya.

Baca Juga  Wawako Minta Dishub Selesaikan Pembangunan Pelabuhan Teluk Kangkung

Selain itu, sebanyak 104 kapal yang akan melayani arus pelayaran selama Natal dan Tahun Baru 2021 sudah sudah dicek kesiapan dan kelayakannya.

“Kami benar-benar ingin memberikan pelayanan terbaik bagi calon penumpang. Kapal sudah kami cek dan laik jalan,” ucapnya.(redG/Bayu)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed