oleh

Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Menggelar Seminar Kesehatan, Edukasi Kecantikan Budaya Jawa

Kraton Kasunanan Surakarta

Surakarta– Kraton Surakarta Hadiningrat menggelar seminar kesehatan dengan tema “Pengabdian kepada Masyarakat”, yang mengangkat topik Edukasi kecantikan budaya Jawa, pencegahan kanker payudara, kanker Serviks, sosialisasi program keluarga berencana dan pemeriksaan kesehatan perempuan serta donor darah.

Acara yang berlangsung pukul 09.00 hingga 15.00 WIB tersebut, juga melibatkan pakar kesehatan dari rumah sakit terkemuka dan dosen ternama di Jakarta dan Tangerang. Mereka memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga keseimbangan tubuh melalui asupan nutrisi, olah raga yang teratur, menjaga kebersihan diri, dan pemeriksaan kesehatan rutin yang di tujukan pada kaum perempuan.

Seminar rencananya akan dibuka dengan opening speech oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan, Prof.Dr. Dr. dr. Eka J . Wahjoepramono, SpBS, PhD, namun oleh karena beliau berhalangan karena kesibukan, maka diwakili oleh M.Ng, Dr.dr. Tirta Darmawan Susanto Husadadiprojo, M.Kes selaku ketua panitia dan perwakilan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) kemudian kata sambutan dari dr. Trevino A.Pakasi, SpKKLP MS, PhD, selaku perwakilan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Setelah itu acara dilanjutkan dengan “Edukasi Kecantikan Budaya Jawa” oleh Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati, Drs, Dipokusumo,M.Si sekaligus sebagai perwakilan dari Kraton Kasunanan Solo Hadiningrat. Dilanjutkan Edukasi Kanker Payudara oleh, dr. Trevino A. Pakasi, SpKKLP MS, PhD, kemudian Edukasi Keluarga Berencana oleh, Dr.dr. Dyana Safitri Velies, SpOG, (K), M.Kes. Serta diakhiri dengan Edukasi Kanker mulut Rahim oleh M.Ng, Dr.dr. Tirta Darmawan Susanto Husadadiprojo, M.Kes.

Pada kegiatan tersebut panitia mengundang sekitar 200 peserta dari abdi dalem dan warga sekitar Keraton, kepada peserta panitia melakukan pengukuran Tinggi badan, berat badan, IMT pemeriksaan kesehatan, cek gula darah, kadar hemoglobin darah (anemia), tekanan darah, pemeriksaan IVA (screening kanker leher rahim), panitia juga memberikan souvenir untuk peserta seminar.

Baca Juga  Polisi Kawal Ketat Rekonstruksi Pembacokan Supporter Futsal di Jambi

Acara di gelar di Kagungan Dalem Sasanamulyo Kraton Surakarta Hadiningrat Jl Sasanamulyo Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, pada Jumat, (20/10/2023)

Menurut Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati, Drs, Dipokusumo,M.Si, Kegiatan hari ini berkaitan dengan kesehatan yang tentu saja sesuatu hal yang sampai hari ini selalu menjadi poin utama dari setiap kehidupan termasuk perhatian di Keraton Surakarta Hadiningrat, juga dengan bagaimana hidup sehat dengan nilai-nilai budaya Jawa terutama bagaimana kita mengerti bahwa posisi wanita dalam Keraton Surakarta Hadiningrat atau pada lembaga tradisi adat sudah memiliki semacam sistem yang sampai sekarang dipergunakan dan ini untuk masyarakat.

“Tentu saja supaya diberitahukan agar nilai-nilai yang berkaitan dengan bagaimana merawat tubuh merawat kecantikan itu tetap bisa lestari bahkan bisa berkembang misalnya dengan pengertian ramuan jamu dengan laku atau nilai-nilai yang sifatnya Filosofis mudah-mudahan ini bagian dari pengabdian masyarakat dengan pak dokter dan semua yang terkait semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat”, tuturnya

Kemudian kembali menambahkan yang paling bagus adalah kalau ada nilai edukasi itu memberi pengertian pemahaman bagaimana suatu kehidupan terutama keputren pada waktu dulu sampai sekarang itu bisa terjaga kesehatannya kesuburannya cara merawatnya dan bagaimana hal-hal yang kaitannya dengan keturunan kekeluargaan dan sebagainya.

M.Ng, Dr.dr.,Tirta Darmawan Susanto Husadadiprojo, M.Kes. menambahkan,
“dari segi kedokteran kita akan mengangkat pencegahan dari kanker mulut rahim atau kanker serviks, kemudian kanker payudara kemudian juga akan menyampaikan bagaimana mengenai program keluarga berencana cara-caranya, dan juga akan mengadakan screening serviks atau mendeteksi kanker mulut rahim dengan metode IVA jadi lebih kepada promosi kesehatan.

“Dalam hal ini adalah kerjasama antara Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan, program studinya program studi pendidikan dokter spesialis kedokteran keluarga dan layanan primer dari Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (PPDS KKLP FK UPH), kemudian juga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) juga dari Program studi (Prodi) Dokter spesialis keluarga dan layanan Primer (PPDS KKLP), dan bekerja sama juga dengan pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat”, ungkap dr. Tirta.

Baca Juga  Dua Truck Modifikasi, Angkut Solar Diduga Oplosan

Di akhir acara panitia juga mengucapkan terimakasih Kepada semua pihak yang telah mendukung guna terselenggaranya acara tersebut, dan tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para Sponsor, Asuransi CHUBB , Holistik Home Care, Bio Medika, serta Palang merah Indonesia (RedG/Lidin).

Komentar

Tinggalkan Komentar